Sabtu, 01 Februari 2020

Tips Cara Membuat Slide Power Point Yang Baik

Penggunaan power point sebagai media sarana presentasi merupakan suatu keputusan yang baik karena kelengkapan fitur yang ada dalam software tersebut. Namun, seyogyanya dalam penyusunan slide materi yang ingin dipaparkan haruslah dibuat semenarik mungkin agar mudah dipahami dan di mengerti oleh audiens.


Kebanyakan dari kita sering melupakan betapa pentingnya memperhatikan aturan dalam pembuatan power point yang baik agar terciptanya suatu penetrasi pemahaman terhadap suatu materi yang dipresentasikan. Ada baiknya jika kita ingin memaparkan suatu materi dengan power point buatlah slide yang menarik dan tidak asal jadi.


Lantas bagaimanakah cara membuat slide ppt yang baik itu? berikut ini saya akan memberikan sedikit tips tentang beberapa tata cara editing yang baik pada power point.




Presentasi power point



1. Tulis Point Penting


Salah satu hal yang sering dilupakan oleh kita adalah membuat slide asal jadi sehingga materi yang ditulis lebih terlihat seperti cerpen daripada power point. Agar audiens dapat memahami materi dengan baik jangan menulis semua materi ke dalam power point cukup beberapa point-point pentingnya saja. Sedangkan untuk pembahasannya dapat kalian jabarkan sendiri sehingga pemaparan kalian akan terlihat lebih elegan serta seolah-olah kalian sangat menguasai materi tersebut.



2. Gunakan Bahasa yang Mudah di Pahami


Aturan yang satu ini sangat wajib untuk diperhatikan karena apabila kalian menulis materi dengan menggunakan bahasa yang sulit untuk dipahami, bisa dipastikan audiens kalian akan sakit kepala semua lalu mereka akan tidur. Alangkah baiknya kalian memperhatikan aturan penulisan yang baik dan benar seuai dengan EYD yang berlaku agar pemaparan kalian menjadi lebih berbobot.



3. Hindari Efek Animasi


Penggunaan efek animasi berupa transisi antara satu slide dengan slide yang lain dapat mengganggu konsentrasi audiens serta memperburuk pemaparan kalian. Berdasarkan pengalaman saya ketika membuat slide ppt penggunaan efek transisi pada slide lebih baik tidak usah digunakan karena tidak akan menambah nilai kalian. Lebih baik buatlah slide tanpa menggunakan efek transisi sama sekali.



4. Hindari Penggunaan Audio


Ketika saya masih duduk dibangku kuliah dulu saya mendapat tugas dari salah satu dosen mata kuliah untuk membuat power point dan memaparkannya didepan kelas. Alhasil saya membuatnya dengan penuh semangat, saya masukin suara atau audio kedalam slide tersebut agar terlihat lebih elegan. Lalu tahukah kalian apa yang terjadi selanjutnya? slide saya ternya menjadi sangat kacau sekali dan menjadi bahan tertawaan teman sekelas.


Berdasarkankan pengalaman saya tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan audio yang tidak perlu sebaiknya dihindari saja karena dapat merusak presentasi kalian nantinya, toh tidak ada gunanya juga kan kalo kalian masukin audio kedalam slide kalian.



5. Gunakan Background yang Baik


Tips yang selanjutnya adalah jangan memasukkan background yang tidak tepat sehingga menutupi materi yang ingin kalian sampaikan. misalnya kalian menggunakan background yang terlalu gelap sehingga power point kalian menjadi tidak kontras dengan materi yang ditulis didalam slide tersebut.


Sebaikknya jika dirasa tidak terlalu penting gunakan saja background polos atau putih saja karena itu bisa membuat materi yang kalian tulis menjadi lebih natural dan lebih baik.



6. Perhatikan Jumlah Slide


Pernahkan kalian mendapati orang yang membuat slide terlalu panjang? kalau saya sering. Setelah itu tahukah kalian apa yang terjadi ketika slide yang begitu panjang seperti kereta api tersebut dipaparkan? Semua audiens tertidur pulas... itulah yang terjadi jika kalian membuat power point yang begitu panjang. 


Usahakan kalian membuat power point tidak lebih dari 20 slide karena bisa membuat audiens kalian tertidur pulas atau yang lebih parahnya lagi mereka akan meninggalkan ruang diskusi.



Demikianlah tadi beberapa tips dalam membuat power point yang baik dan benar semoga apa yang saya sampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar