Sabtu, 11 Januari 2020

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Web

Halo sobat....
apa kabar kalian..

Hari ini saya ingin memberikan sebuah artikel tentang review kekurangan dan kelebihan menggunakan aplikasi whatsapp web. Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu apa sih whatsapp web dan bagaimana cara menggunakannya.

Whatsapp web merupakan sofware pengiriman pesan gratis yang dapat digunakan di bowser komputer kalian. Bukan hanya pesan teks namun user dari whatsapp juga bisa mengirimkan foto dan video.

Namun faktanya kebanyakan generasi milenial seperti sekarang ini, banyak diantara mereka yang belum mengetahui whatsapp web karena memang telah terbiasa menggunakan aplikasi whastapp di smartphone mereka. Padahal, berdasarkan riset keyword melalui situs ubbersugest  keyword "whatsapp web" menduduki peringkat pertama dengan volume pencarian di google sebanyak 7,5 juta sedangkan untuk keyword "whatsapp" sendiri menduduki  peringkat kedua yaitu dengan volume pencarian sebanyak 4,1 juta. Jika di lihat dari besarnya volume pencarian keyword whatsapp di google tentu tidak heran jika aplikasi pengiriman pesan gratis tersebut dibanjiri dengan user di seluruh dunia.






Lantas bagaiamanakah cara menggunakan whatsapp web?

Untuk bisa menggunakan whatsapp web, silahkan ikuti tutorial berikut:

1. Buka browser kalian di komputer

2. Ketikkan Whatsapp web, kemudian kunjungi lamannya



whatsapp web



3. Buka aplikasi whatsapp di smartphone kalian

4. Klik tanda titik tiga dibagian kanan atas

5. Pilih whatsapp web

6. Scan QR code yang ada di komputer kalian menggunakan scaner aplikasi whatsapp di smartphone.

7. Tunggu hingga proses validasi selesai.



Tampilan Whatsapp web



Selamat....sekarang kalian sudah bisa menggunakan whatsapp web di komputer kalian.. Eits jangan terlalu senang dulu karena apakah kalian tahu bahwa whatsapp web juga memiliki kelebihan dan kekurangan?

Mari kita ulas terlebih dahulu kekurangan yang dimiliki oleh whatsapp web.

1. Kekurangan

Dibalik besarnya volume pencarian keyword "whatsapp web" di google ternyata ada berapa macam kekurangan yang dimiliki oleh software tersebut. Beberapa macam kekurangan yang dimiliki oleh whatsapp web adalah sebagai berikut:

  • Tidak Bisa Video Call
Salah satu kekurangan whatsapp web adalah tidak bisa video call seperti whatsapp yang ada di smartphone. Hal ini tentu akan sangat mengganggu mengingat banyaknya pengguna whatsapp dari kalangan milenial yang hobi mengguakan fitur video call.

  • Tidak Bisa Menelpon
Kekurangan whatsapp web yang kedua adalah tidak bisa menelpon. Tidak seperti whatsapp yang ada di smartphone, whatsapp web hanya memiliki fitur terbatas saja. Hal ini juga mempengaruhi jumlah user whatsapp web karena pastinya user akan lebih memilih memakai aplikasi yang ada di smartphone mereka.

  • Tidak Bisa Mengirimkan Status
Kekurangan whatsaap web yang ketiga adalah tidak bisa mengirimkan status atau yang lebih biasa dikenal story wa. Hal ini tentu bertolak belakang dengan kebiasaan user yang kebanyakan dari kalangan milenial. Anak muda jaman sekarang tentu akan lebih menyukai hal hal yang membuat mereka bisa mengekspresikan diri ketimbang hal-hal yang monoton. Sebut saja kebiasaan mengupdate status di whatsapp misalnya. Berdasarkan riset dadakan dari saya, banyak diantara pengguna whatsapp dari kalangan remaja selalu mengunggah foto mereka sendiri. Misalnya saja ketika mereka sedang liburan atau kalo tidak ketika mereka sedang pergi kesuatu tempat yang menarik. Jika mereka harus menggunakan whatsapp web yang notabennya tidak bisa mengupdate status tentu ini akan membatasi mereka dalam mengekspresikan diri.

  • Tidak Bisa Share Loc
Kekurangan dari whatsapp web yang terakhir adalah tidak bisa berbagi lokasi kepada  teman lain yang menggunakan software whatsapp. Jika kita ingin mengetahui lokasi dari teman kita secara realtimen tentu kita bisa menggunakan fitur share loc pada aplikasi whatsapp di smartphone. Namun, jika menggunakan whatsapp web jangan pernah kalian berharap untuk bisa berbagi lokasi karena whatsapp web belum menyediakan fitur tersebut.

Setelah kita panjang lebar membahas kekurangan whatsapp web, saatnya kita beralih ke bagian kelebihan whatsapp web daripada whatsapp yang ada di smartphone kalian. Berikut ini ulasanya dan selamat membaca:

2. Kelebihan Whatsapp Web

Setiap kekurangan tentu ada kelebihan, hal ini juga berlaku untuk sofware whatsapp web. Ada beberapa macam kelebihan yang dimiliki oleh whatsapp web yang bisa saya ulas khusus untuk kalaian semua sobat sobatku yang setia. Beriikut ini ulasannya:

  • Layar Lebar
Kelebihan whatsapp web yang satu ini tentu tidak bisa dipungkiri lagi, layar yang lebar menyesuaikan dengan lebar komputer, tentu sangat user friendly apabila digunakan dalam keadaan santai. Kita bisa melihat tulisan yang ada di software tersebut dengansangat jelas karena sudah pasti tulisannya akan menjadi lebih besar dari whatsapp yang ada di smartphone kita.

  • Menulis dengan cepat
Keunggulan whatsapp web yang satu ini sangat saya sukai karena kita bisa mengetikkan tek dengan sangat cepat. MEngapa demikian, karena kita mengetik bukan di keyboard layar seperti whatsapp yang ada di smartphone, melainkan kita mengetikkan pesan melalui keyboard eksternal yang ada di komputer. Hal ini tentu akan sangat mempermudah ketika ingin menuliskan pesan tek yang sangat panjang dalam waktu yang relatif singkat. Jika kalian masih penasaran silahkan dicoba aplikasi whatsapp webnya.

  • Bisa melihat status teman dengan sangat jelas
Jika tadi kita telah membahas kekurangan whatsapp web yang tidak mengupdate status, kalian jangan khawatir karena whatsapp mode web masih bisa digunakan untuk melihat status wa teman kita. Kelebihan whatsapp web yang satu ini tentu masih masuk akal bukan? dengan lebar layar menyesuaikan komputer kita tentu akan membuat penampakan status teman kita menjadi sangat lebarrrr.....

  • Menu Terpisah
Jika kita menggunakan whatsapp versi smartphone, ketika kita pergi ke suatu menu tertentu pasti tampilan di layar smartphone akan berpindah ke bagian menu yang kita tuju tadi, sedangkan untuk menu yang kita buka sebelumnya akan tertutup. Hal ini tidak akan pernah berlaku jika kita menggunakan whatsapp mode web, karena menu-menu yang ada pada whatsapp mode web akan terbagi atau terpisah-pisah sehingga tidak akan menutup menu yang lainnya.


Sebenarnya masih banyak kelebihan whatsapp mode web tersebut. NAmun, apabila kita bahas satu persatu akan memakan waktu yang sangat banyak.."saya juga capek nulisnya". Jika kalian masih penasaran langsung aja, coba whatsapp mode web di komputer kalian. Cukup sampai disini dulu artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah Berkunjung.....


Salam Hangat

Sahabatmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar