Jumat, 10 Januari 2020

Review Google Scholar

alt="Google Scholar"




Google adalah sebuah raksasa mesin pencari yang paling banyak dipakai oleh manusia hingga saat ini. Berbagai macam produk yang ditawarkan oleh google memang kebanyakan berasal dari kehidupan sehari-hari sehingga tidak heran apabila setiap hari orang akan membuka situs ini. Salah satu produk yang ditawarkan oleh google kepada costumernya adalah google cendikia.

Google Scholar atau yang telah biasa dikenal oleh banyak orang sebagai google cendikia merupakan salah satu produk paling populer google untuk mencari materi pembelajaran seperti jurnal ilmiah. Mulai dari jurnal yang dipublikasikan terlama hingga jurnal terbaru semua ada di google. Oleh karena itu saya ingin mengulas lebih lanjut mengenai produk google yang populer tersebut.

1. Halaman Depan



alt="Google Scholar"



Pada saat pertama kali membuka google scholar, kalian akan menjumpai kotak pencarian google cendikia. Dimana kalian hanya dengan mengetikkan kata kunci saja maka akan mucul jurnal ilmiah yang kalian cari berdasarkan kata kuci tersebut. Setelah kotak pencaria, tepatnya dibawah kotak tersebut kalian akan menemukan tagline dari google cendikia yaitu "Berdiri di Bahu Raksasa".

Pada sudut kiri bagian atas kalian akan menemukan beberapa menu diantaranya tiga garis berjejer,  profil saya dan koleksiku. Apabila kalian mengklik bagian tiga garis berjejer horizontal, maka akan muncul lagi beberapa menu antara lain Profil Saya, Koleksiku, Notifikasi, Metrik, Penelusuran Lanjutan dan Setelan. Pada bagian Metrik apabila kalian mengkliknya maka akan muncul beberapa kategori jurnal. Dimenu ini juga kalian bisa memilih kategori jurnal berdasarkan negara penerbit.

Lanjut lagi pada menu bagian kiri bawah, kalian akan menemukan menu bahasa dimana dengan menu tersebut kalian bisa merubah bahasa dari google cendikia dengan bahasa yang kalian inginkan.

Tampilan halaman depan google cendikia yang mobile-friendly membuat para pencari jurnal ilmiah merasa nyaman ketika mencari materi pembelajaran yang mereka inginkan. Selain itu juga, penggunaan menu - menu yang ada pada google cendikia sangat mudah dipahami bagi user pemula sehingga tidak menyulitkan user dalam menggunakannya pertama kali.

2. Halaman Dalam 

Ketika memasuki halaman bagian dalam kalian akan disuguhkan dengan berbagai macam jurnal ilmiah dari banyak sumber. Selain itu kalian juga bisa memfilter tjurnal berdasarkan rentang waktu. Jadi, jika kalian ingin mencari jurnal yang dipublikasikan dari tahun yang terbaru hingga terlama itu sangatlah mudah karena kalian bisa menggunakan fitur filter.



alt="Google Scholar"



Pada bagian halaman paling bawah, kalian akan menjumpai beberapa halaman yang belum ditampilkan sebelumnya. Apabila kalian menginginkan jurnal yang lain, cukup mengklik salah satu menu tersebut maka akan secara otomatis keluar halaman baru yang memuat jurnal yang kalian cari.

Pada menu paling bawah nomor kedua, kalian akan menemukan beberapa pilihan penelusuran artikel yang terkait dengan pencarian kalian sebelunya.

Kelengkapan jurnal ilmiah yang ada di dalam google cendikia sudah tidak diragukan lagi karena telah banyak digunakan oleh cendikiawan diseluruh dunia sehingga sangat recomended banget apabila kalian ingin mencari jurnal ilmiah yang terpercaya.


Sebenarnya masih ada banyak lagi review yang belum saya sampaikan mengenai keistimewaan dari google cendikia. Namun, daripada pembahasan kita terlalu panjang maka kita cukupkan sampai disini dulu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar