Rabu, 15 Januari 2020

Cara Pakai Wa Web Dengan Mudah di Laptop

alt="wa web"
WhatsApp Web



Pada Kesempatan yang berbahagia ini saya ingin membagikan artikel tentang bagaimana caranya menggunakan whatsapp di laptop. Saya yakin diantara kalian ada banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata whatsap bisa di pakai atau dibuka menggunakan laptop.

Sama seperti halnya saya waktu dulu pertama kali menggunakan whatsapp kalau tidak salah tahun 2017 lalu. Ketika itu saya berpikir bahwa jika membuka whatsapp di laptop mungkin akan sedikit terlihat lebih keren karena tampilan layarnya yang besar dan lebar.

Tidak disangka entah apa yang merasuki saya waktu itu tiba-tiba saya membuka browser di laptop dan mulai mengetikkan kata kunci cara pakai whatsapp di laptop. Akhirnya setelah berberapa kali melihat artikel sayapun menemukan caranya. Ternyata, untuk bisa menggunakan whatsapp dilaptop kita harus menginstal aplikasi whatsapp di laptop atau bisa juga melalui situs wa web.

Wa Web adalah situs resmi whatsapp yang memungkinkan kita untuk menggunakan whatsapp di laptop dengan mudah. Untuk bisa menggunakan whatsapp di laptop melalui situs wa web, kalian harus menghubungkan aplikasi whatsapp yang ada di smartphone kalian dengan situs wa web yang ada di browser laptop kalian. Untuk bisa menghubungkan whatsapp yang ada di smartphone dengan wa web yang ada di komputer, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Cara Menghubungkan wa web ke Komputer


Untuk bisa menggunakan wa web di laptop kalian harus login terlebih dahulu melalui situs resminya  atau melalui aplikasi wa web. Berikut langkah-langkah menghubungkan komputer ke wa web.


1. Langkah Pertama

Buka browser kalian lalu kunjungi situs WhatsApp Web   di komputer kalian.



alt="gambar wa web"
gambar wa web



2. Langkah Kedua

Jika kalian sudah membuka situs di atas menggunakan komputer atau laptop, langkah selanjutnya silahkan buka aplikasi whatsapp yang ada di smartphone kalian.


3. Langah Ketiga

Setelah aplikasi whatsapp telah terbuka, klik tanda titik tiga di pojok kanan atas aplikasi wa di smartphone kalian


alt="wa web"
wa web


4. Langkah Keempat

Setelah kalian klik tanda titik tigga tersebut maka akan muncul menu drop down seperti berikut lalu silahkan kalian pilih WhatsApp Web.


alt="wa web"
wa web



5. Langkah Kelima

Setelah itu akan muncul scanner di hp kalian. Kemudian arahkan Scanner tersebut kearah  QR Code wa web yang ada di komputer kalian.



alt="wa web"
wa web



6. Langkah Keenam

Jika kalian telah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, langkah selanjutnya silahkan tunggu beberapa saat sampai proses menghubungkan whatsapp web dengan whatsapp di hp selesai.


Setelah komputer kalian telah terhubung dengan wa web langkah selanjutnya yang harus kalian pelajari adalah bagaimana cara menggunakan wa web tersebut. Jika kalian masih bingung harus mulai mempelajarinya darimana, berikut ini ada beberapa macam penggunaan whatsapp yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, sebelum kalian mempelajari tentang bagaimana cara menggunakan wa web di laptop, ada baiknya kalian ketahui terlebih dahulu perbedaan antara whatsap yang ada di laptop dengan whatsapp yang ada di hp berikut ini.

Perbedaan WhatsApp di Laptop dan WhatsApp di HP

Sebenarnya whatsapp web dan whatsapp messenger itu sama saja namun ada beberapa hal yang membedakan keduanya antara lain sebagai berikut:


Whatsapp Messenger

1. Ukuran layar kecil menyesuaikan lebar perangkat yang digunakan
2. Bisa Video and call
3. Bisa menulis atau mengirim pembaruan status
4. Bisa melakukan share location kepada teman sesama pengguna whatsapp


WhatsApp Web

1. Ukuran layar besar menyesuaikan lebar pc atau komputer yang digunakan
2. Tidak bisa video and call
3. Hanya bisa melihat pembaruan status tetapi tidak bisa mengirim pembaruan status
4. Tidak bisa melakukan share location 

Sebenarnya whatsapp web dan whatsapp messenger itu sama saja namun memang terkadang kita akan menemukan perbedaan diantara keduanya dikarenakan software tersebut menyesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan.

Jika kalian telah mengetahui perbedan antara whatsapp yang ada dilaptop dan whatsapp yang ada di hp, langkah selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara menggunakan wa web.

Kalian bisa mempelajari tutorial ini dengan mudah dan cepat karena materi yang disajikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele tele. Jika kalian sudah tidak sabar untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan wa web di komputer kalian, berikut saya ulas tutorial selengkapnya.


Cara  Menggunakan wa web di Komputer


Sebelum kita mulai membahas tentang bagaimana caranya menggunakan wa web di komputer, saya ingin mengucapkan selamat terlebih dahulu kepada kalian karena sudah berhasil mempelajari materi tutorial diatas sampai sejauh ini.

Berikut ini ada beberapa macam penggunaan whatsapp dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin bisa kalian pelajari dan terapkan. Silahkan kalian simak dan ikuti langkah-langkahnya dengan baik agar berhasil.



1. Memulai percakapan

Salah satu fitur whatsapp yang paling sering digunakan adalah mengirimkan pesan ke kontak yang sedang dituju. Cara mengirimkan pesan whatsapp menggunakan laptop sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan smartphone. Kalian cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini saja.

  • Klik menu new Chat seperti gambar berikut


alt="wa web"


  • Setelah itu kalian pilih dan klik kontak yang ingin dikirimi pesan
  • Untuk menulis pesan teks cukup ketikkan teks yang ingin kalian tulis melalui papan teks seperti berikut.

alt="wa web"


  • Untuk merekam dan mengirim suara kalian tekan icon microphone seperti gambar berikut

alt="wa web"

  • Sedangkan untuk mengirim gambar, video, dokumen atau kontak, silahkan klik menu attach setelah itu akan muncul menu drop down lalu kalian pilih salah satu menu tersebut

.
alt="wa web"



Setelah kalian berhasil mengikuti dan menerapkan tutorial tersebut mari kita lanjutnya ke tutorial yang berikutnya yaitu melihat pembaruan status teman.



2. Melihat Pembaruan Status Teman

Selain mengirimkan pesan, ternyata ada salah satu fitur whatsapp lagi yang sering kita pakai yaitu melihat pembaruan status. Namun perlu diketahui bahwa apabila menggunakan wa web di laptop kalian tidak bisa menggunakan fitur mengirim pembaruan status tetapi hanya bisa melihat pembaruan status teman di kontak kalian.


Untuk melihat pembaruan status teman, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Lihat pada bagian kiri atas, klik menu status

alt="wa web"

  • Kemudian pilih salah satu kontak yang ingin dilihat pembaruan statusnya
  • Untuk keluar dari pembaruan status tersebut cukup kalian klik menu exit


alt="wa web"



Jika kalian telah selesai menggunakan wa web di komputer, jangan lupa untuk mengeluarkan akun kalian dari webs tersebut agar tidak disalahkan orang di kemudian hari. Untuk mengeluarkan akun kalian dari wa webs, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Log Out atau Keluar dari Wa Web


1. Klik menu titik tiga pada bagian kiri atas wa webs


alt="wa web"



2. Setelah itu akan muncul menu drop down lalu kalian pilih log out



alt="wa web"


Setelah mengikuti materi tutorial diatas apakah kalian sudah mulai paham bagaimana cara menggunakan wa web di komputer? Saya yakin sedikit banyaknya kalian pasti sudah paham karena materi tersebut ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu menggunakan wa web di laptop.

Semoga materi yang telah saya sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa untuk membagikan tutorial ini kepada teman yang lain. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar