Minggu, 18 September 2016

Cara Ampuh Mengobati Sakit Hati dan dan Tips untuk Mencegahnya

Cara Ampuh Mengobati Sakit Hati dan dan Tips untuk Mencegahnya - Sakit hati mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita yang sudah mulai menginjak masa-masa remaja, masa dimana kita sudah mengenal yang namanya cinta, jadi wajar saja dimasa itu kita mulai sakit hati yang namanya cinta, saya membuat tulisan ini karena saya sendiri juga pernah mengalaminya.

Sakit hati dan tips menyembuhkannya

Dikehidupan nyata, sakit hati memang rasanya lebih sakit daripada penyakit yang menyerang fisik kita, ini sudah sering saya rasakan sendiri namun tetap berusaha tidak mengungkapkan seolah tidak terjadi apa-apa pada diri saya ini.

Penyebab Kita Merasakan Sakit Hati

Sakit hati merupakan rasa yang paling tidak enak didalam hati, biasanya orang berpendapat sakit hati lebih sakit daripada sakit gigi.

Sakit hati itu banyak penyebabnya:
  • Sakit hati karena cinta
  • Sakit hati karena dibohongi teman
  • Sakit hati karena ejekan
  • Sakit hati karena keinginan/harapan
  • Sakit hati karena tidak disukai

Semua itu pernah saya rasakan seorang diri namun kita harus tetap tegar menghadapinya, jangan keseringan sakit hati karena tidak baik bagi kesehatan pikiran kita.

Banyak dari kita yang sakit hati sampai-sampai nafsu makan hilang lenyap, namun ketika saya sakit hati saya tetap memaksakan untuk makan, dan berusaha mencari aktifitas lain untuk melupakan rasa sakit tersebut.

# Sakit hati karena dibohongi teman
Memang dibohongi teman rasanya sakit, namun cara terbaik setelah dibohongi oleh teman adalah dengan memaafkannya, bukan sekedar maaf namun juga melupakan apa yang terjadi, sehingga tidak menimbulkan rasa tidak suka kepadanya.

# Sakit hati karena ejekan
Diejek memang sakit kecuali kita terbiasa menerimanya, karena lebih baik jangan memasukkannya kedalam hati, apalagi itu cuma sekedar bercanda.

# Sakit hati karena keinginan/harapan
Keinginan atau harapan juga bisa membuat sakit hati, jika tidak terpenuhinya keinginan maka akan menimbulkan rasa sakit, ini mungkin karena kita berkeinginan terlalu berlebihan, karena keinginan yang sewajarnya tidak akan membuat rasa sakit.

# Sakit hati karena tidak disukai
Tidak semua orang menyukai keadaan kita, ketika banyak orang yang tidak menyukai kita pasti ada seseorang yang menyukai kita begitupun sebaliknya. Ketika kita menemukan seseorang yang tidak menyukai kita mungkin kita bisa mendekatinya dan membuatnya ia tertawa seakan tidak terjadi apa-apa maka otomatis ia akan mulai menyukai kita hehe.

# Sakit Hati karena Cinta
Nah ini adalah Satu masalah yang biasa dipikirkan oleh para remaja yaitu sakit hati yang diakibatkan cinta, sakit hati karena cinta sudah dialami banyak orang, bisa-bisa sakit hati karena cinta ini membuat hidup menderita karena memikirkannya.

Cinta membuat kita bahagia seperti disurga, tapi cinta juga bisa membuat kita sensara seperti dineraka, cinta membuat hidup seseorang menjadi gila, banyak kasus yang bisa ditemukan karena cinta, misalnya seseorang ingin mengakhiri hidupnya karena putus cinta, keputusan ingin mengakhiri hidup seperti itu mungkin bisa diambil saat kita sedang sakit hati, coba pikirkan lagi saat kita sudah reda dari sakit hati apa yang kita pikirkan justru sebaliknya, kita malah takut mati dan ingin tetap hidup bahagia didunia.

Sakit hati memang tidak sebahaya penyakit jantung dan paru-paru, tapi sakit hati bisa menimbulkan rasa sakit lebih dari sakit paru-paru dan jantung, itu bisa timbul karena kita terus memikirkan yang namanya cinta.

Tips Mencegah Sakit Hati karena Cinta

Kata orang, mencegah itu lebih baik lagi daripada mengobati, ini bisa berlaku untuk mencegah sakit hati karena cinta, memang cinta itu bisa diibaratkan sebuah pisau jika kita menggunakannya dengan benar maka akan menguntungkan kita jika kita tidak bisa mengendalikannya akan melukai kita, sama halnya dengan cinta.

1. Cintai setengah-setengah
Jika kita mencintai seseorang maka jangan mencintai sepenuhnya atau sampai 100% (kecuali sudah halal cintanya bagi kita), cintai 50% saja karena kita akan sakit hati yang teramat sakit jika kita mencintai seseorang sepenuhnya ketika mengetahui keburukan yang dilakukannya.

2. Jangan banyak berharap
Berharap memang wajar, namun jangan sampai terlalu berlebihan karena dengan tidak terpenuhinya harapan kita tentunya akan menimbulkan rasa sakit.

3. Curhat pada sahabat/teman dekat
Jika kita menyukai seseorang maka sebaiknya curhat dulu kepada orang yang tepat, misalnya teman baik atau sahabat kita, jika benar sifat dan typenya cocok untukmu maka dahuluilah dia sebelum didahului orang lain.

4. Tidak menceritakan ke banyak orang
Cerita ke banyak orang untuk dia yang belum jelas bagi kita sebaiknya jangan dilakukan, kecuali ada sinyal-sinyal pendekatan yang dia lakukan, karena jika ia nyatanya tidak mencintai kita, kita bisa saja sakit hati karenanya.

5. Tidak terlalu fokus pada cinta
Jika kita masih duduk di bangku sekolah sebaiknya tidak terlalu fokus kepada cinta, fokuslah setengah untuk cinta dan setengahnya lagi untuk pelajaran.

6. Jangan banyak berjanji
Mengutamakan bukti lebih baik daripada janji, jika kita berjanji maka kita harus siap dengan keputusan kita, bukti lebih disukai seseorang, karena pada zaman ini janji bisa saja dibuat sebagai kata-kata penenang.

Obat Sakit Hati karena Cinta

Jangan sampai sakit hati ya, karena obat sakit hati ini sebenarnya tidak tersedia, dokter spesialis hati mungkin ada tapi bukan spesialis cinta, apalagi menyembuhkan sakit hati karena cinta hehe, namun ada beberapa tips yang bisa disebut sebagai obat sakit hati, karena dengan tips ini sakit hati Insya Allah akan berkurang.

1. Berdo'a kepada Allah
Berdo'a merupakan obat yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa sakit kita karena cinta, dengan berdo'a otomatis kita dekat dengan Allah, berdo'a mungkin akan lebih manjur lagi jika kita lakukan setelah shalat.

2. Membaca Al-Qur'an
Hidup terasa tidak tentram dan tidak tenang? baca saja Al-Qur'an, kita mungkin sudah jauh dari Allah dan lupa kepadaNya yang menciptakan cinta didalam hati kita. Sakit hati yang diakibatkan cinta bisa saja untuk sembuh ketika membaca Al-Qur'an serta memahami ayat-ayat yang terkandung.

3. Tidur lebih awal
Jika kita sakit hati dimalam hari maka segeralah untuk tidur, karena setelah kita bangun tidur rasa sakit hati akan berkurang walaupun tidak hilang 100%, namun tetaplah bersyukur karena berkurangnya rasa sakit hati. Ini sudah pernah saya lakukan, dan jangan lanjut untuk begadang.

4. Berusaha Mencari Aktifitas
Mencari aktifitas yang bisa melupakan sakit hati karena cinta memang tidak mudah, setidaknya kita bisa mencari hobby lain, namun jangan sampai kita memutar musik cinta (apalagi memakai headset), pikiran kita akan segera terpengaruh.

5. Jangan terlalu memikirkan
Memang bayangan tentang cinta selalu terbayang-bayang di pikiran kita, namun coba untuk berusaha untuk tidak memikirkannya, cobalah untuk memikirkan orang lain yang lebih baik dari dia, karena masih banyak orang yang lebih baik darinya.

6. Tertawalah bersama teman
Tertawa dengan teman dapat menyembuhkan sedikit rasa sakit didalam hati kita, percayalah masih banyak orang yang sayang sama kita dan peduli terhadap kita.

Sakit hati memang tidak mudah diatasi karena sakit hati itu tidak ada cara penyembuhan selain dari kita sendiri.

Penutup

Cinta memang hal wajar bagi kita namun cinta terbaik adalah cinta kepada Allah, karena Allah lah yang menciptakan cinta didalam hati kita, Cinta kepada Allah tidak akan menimbulkan rasa sakit, maka kutita harus selalu bersyukur dan mendekatkan diri kepadanya, agar kita tidak terlena mencintai MakhlukNya.

Demikian Cara Ampuh Mengobati Sakit Hati dan dan Tips untuk Mencegahnya, semoga kita tidak keseringan sakit hati karena Cinta, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar