Rabu, 28 September 2016

Efek Positif dan Negatif yang ditimbulkan Hujan

Efek Positif dan Negatif yang ditimbulkan Hujan - Hujan merupakan sebuah anugrah terbesar bagi kehidupan makhluk bumi, jika hujan tidak turun selama bertahun tahun mengakibatkan kemarau panjang, sehingga sulit mendapatkan sandang pangan maupun air.

Hujan ini sangat penting bagi keberlangsungan hidup tumbuhan dan makhluk hidup lainya, bisa dibayangkan bagaimana kalau hujan tidak turun lagi pasti semua akan kekeringan dan kekurangan air.

Tanda-tanda sebelum hujan yaitu mendung

Hujan mempunyai efek positif dan negatif, sebenarnya hujan hanya menimbulkan efek positif saja untuk bumi, sedangkan efek negatif timbul karena ulah manusia itu sendiri.

Saat kita masih sekolah kita mungkin pernah melihat proses terjadinya hujan yang kita lihat di buku pelajaran kita. Ya, Hujan menciptakan proses yang indah bermula dari menguapnya air dan air itu berubah menjadi awan, seperti yang kita tahu hujan menciptakan proses yang sangat indah bukan.

Hujan inilah yang membuat proses berlangsungnya kehidupan tumbuhan, mereka membutuhkan air untuk pertumbuhannya.

Keindahan Setelah Hujan

Hujan selain membawa keberkahan dan kemakmuran di bumi juga memberikan sebuah pemandangan Indah.

# Munculnya Pelangi
Pernahkah kita melihat suatu keindahan setelah hujan? kita pasti pernah bukan, dan tidak mungkin jika tidak pernah karena hampir semua orang pernah melihat keindahan setelah hujan.

Keindahan itu tidak lain adalah Pelangi, Mungkin ini jarang terlihat oleh kita, namun saya percaya setiap orang pasti pernah melihat pemandangan indah ini, waktu masa kecil mungkin akan bahagia jika melihat pelangi setelah hujan.

# Keindahan Taman Hijau
Jika setelah hujan tentu taman akan terlihat lebih indah, taman merupakan tempat yang indah karena ditumbuhi oleh banyak tumbuhan hijau.

Taman hijau itu adalah taman yang indah, karena semua tumbuhan yang disirami air tidak akan cepat layu, apalagi jika disirami air secara alami tidak lain itu adalah hujan.

# Suasana Langit menjadi Indah
Selain pelangi, keindahan lain dilangit biru sangat beragam, jika kita bersantai-santai sambil memandangi langit tentu kita akan tau keindahan langit yang sebenarnya.

Pemandangan seperti ini bisa kita nikmati saat kita berada pada rumah bertingkat, karena pemandangan yang terlihat sangatlah indah.

# Keindahan Pemandangan Air
Air sangat istimewa bagi kehidupan kita, air itulah yang membuat kita semua tidak kekeringan, air tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan, air juga memberikan keindahan misalnya pada air mancur dan air terjun.

Itulah keindahan setelah hujan namun keindahan sebenarnya yaitu manfaat hujan, karena hujan memberikan banyak manfaat dan dari manfaat hujan kita bisa mendapatkan kesempatan untuk memandangi keindahan Alam.

Anugrah terbesar di Bumi yaitu hujan, karena kita semua pun tau bahwa hujan adalah rezeki dari Allah.

Pada zaman dahulu kala bumi ini masih berupa hutan pada saat itu hujan hanya memberikan efek positif, pada era saat ini hutan telah banyak ditebang sehingga menimbulkan beberapa efek negatif yang ditimbulkan hujan.

Kita yang tinggal di zaman sekarang pastinya sudah tahu beberapa efek negatif yang ditimbulkan hujan, kita yang mungkin hanya memandang hujan sebagai efek negatif saja karena kita jarang melihat efek positif yang berasal dari hujan itu.

Hujan memang berkah namun jika kita tidak melestarikan lingkungan dan merawat lingkungan kita maka akan menjadi musibah.

Bagaimana jadinya jika hujan tidak turun?
Mungkin kita tidak senang dengan adanya musim hujan dikarenakan saat-saat kita pulang dari kerja atau kemana saja selalu terhadang oleh hujan, padahal hujan salah satu bentuk rezeki, dengan tidak turunnya hujan maka akan berakibat negatif mulai dari semua tumbuhan akan kekeringan dan hewan pemakan tumbuhan (herbivora) tidak mendapatkan makan dan minum.

Efek Positif yang ditimbulkan hujan

Hujan berefek positif memang sudah pasti, dari hujan itu sendiri tumbuhan menjadi hijau dan subur, sandang pangan mudah didapatkan. Mengulas beberapa efek positif, beginilah efek positifnya.

1. Tanah menjadi Subur
Tanah merupakan tempat kehidupan bagi tanaman, tanah yang subur bisa didapatkan dengan banyak cara contohnya dengan ditanami tumbuhan dan disiram dengan air, untuk daerah perhutanan tidak ada yang menyirami, maka hujanlah yang menjadi jawabannya. Kesuburan tanah sangat diperlukan oleh makhluk hidup terutama untuk tumbuhan, jika tanah sudah subur maka tumbuhan yang ditanam ditanah tersebut ikut subur.

2. Kebutuhan Air tidak sulit
Salah satu penyebab tidak turunnya hujan adalah kebutuhan air menjadi sulit, air merupakan kebutuhan utama ditumbuhan, jika air tidak didapatkan maka tumbuhan akan mulai kering dan mati, tidak hanya tumbuhan saja namun beberapa makhluk hidup lain dan manusia membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya, jika hujan tidak turun selama bertahun-tahun maka sungai-sungai menjadi kering akibatnya air sulit didapatkan.

3. Udara menjadi dingin
Sebelum atau setelah hujan turun suasana udara akan menjadi dingin, suasana dingin seperti ini terjadi saat awan mulai mendung, disusul hembusan angin, udara yang dingin ini berasal dari kumpulan angin-angin yang berhembus serta matahari tertutupi oleh awan atau mendung menambah suasana yang dingin.

Efek Negatif yang ditimbulkan hujan

Hujan berefek negatif bagi lingkungan karena ada sebab tertentu. Mengulas beberapa efek negatif, beginilah efek negatifnya.

1. Lingkungan menjadi Banjir
Hujan deras mengakibatkan lingkungan banjir, banjir ini terjadi karena saluran air tersumbat oleh banyaknya sampah sehingga air meluap mengakibatkan banjir, banjir merupakan efek negatif yang ditimbulkan hujan, karena banjir sendiri terjadi karena salah satu kesalahan yaitu membuang sampah sembarangan.

2. Jalanan Macet
Macet terjadi bisa karena lingkungan jalan yang biasa dilewati terkena genangan air yang cukup tinggi atau licin sehingga pengendara memilih untuk melewati jalan lain, macet bisa terjadi ketika semua kendaraan melewati satu jalur secara beramai-ramai, jalanan yang macet juga berpotensi banyak udara polusi yang terkumpul.

3. Rumah bocor
Musibah atau efek negatif yang lain adalah genteng bocor, ini mungkin jarang terjadi namun sekali terjadi tentunya akan merugikan pemilik rumah, hujan disertai angin yang lebat berkemungkinan merusak atap rumah. Pernahkah kalian mengalami hal seperti ini, jujur saja saya sendiri pernah hehe, memang dampak negatif dari rumah bocor ini adalah membuat dompet menipis, kenapa begitu? ya mau tidak mau uang kita harus keluar untuk membetulkan atap rumah yang bocor, kecuali yang berduit banyak hehe.

4. Jalanan licin
Jalanan licin mungkin sudah biasa kita temui disaat-saat selesai hujan deras, jalanan yang licin ini biasanya jalanan yang berdampingan dengan tanah kosong atau karena lumpur ditengah jalan atau bisa terjadi di jalanan yang becek-becek, jalanan seperti ini berpotensi membuat lingkungan jalan menjadi licin.

Nah Itulah Efek Positif dan Negatif yang ditimbulkan Hujan, karena Hujan tidak hanya memberikan Efek Positif saja tetapi juga bisa memberikan.Efek Negatif.

Penutup

Kesimpulannya hujan memberikan kebaikan bagi kita tetapi juga bisa memberikan keburukan bagi kehidupan kita, walau begitu hujan adalah Rezeki kita semua.

Demikian Efek Positif dan Negatif yang ditimbulkan hujan, semoga ulasan diatas bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar