Senin, 29 Agustus 2016

Tips dan Manfaat Menuntut sebuah Ilmu serta penjelasannya

Tips dan Manfaat Menuntut sebuah Ilmu serta penjelasannya - Ilmu pada dasarnya berasal dari hasil belajar seseorang mengenai sesuatu, hasil belajar itu bisa berupa banyak hal, entah itu dari pemikiran sendiri atau berguru kepada orang lain. Ilmu memberikan banyak hal, karena dari ilmu seseorang bisa menghasilkan sebuah karya yang sangat kreatif, dan dari ilmu itulah seseorang mendapatkan banyak pengetahuan dan penghasilan yang berasal dari ilmu pemikirannya.

Mempelajari Ilmu merupakan kewajiban kita sebagai manusia, dengan mempunyai ilmu kita akan mendapatkan banyak manfaat dihidup ini, apalagi jika kita mengamalkan ilmu kita kepada orang lain, akan lebih bermanfaat lagi bagi orang lain, seseorang yang mempelajari ilmu dan menciptakan ide sendiri itu lebih utama daripada seseorang yang melihat ide orang lain untuk dikaryakan.


Seseorang yang berilmu tentunya akan dipandang Istimewa bagi orang lain, ketika seseorang tersebut sukses tentunya akan ditanyai oleh para penggemarnya bagaimana caranya agar menjadi sukses.

Bagaimana seseorang bisa mendapatkan Ilmu?

    #1. Menuntut Ilmu dari Sekolah
    Sekolah merupakan tempat menuntut Ilmu bagi siswa, artinya dengan bersekolah kita tidak untuk membeli ilmu tetapi untuk mempelajari ilmu.

    Lalu buat apa itu biaya spp bulanan?
    Spp bulanan sama sekali bukan biaya untuk membeli ilmu tetapi dengan biaya spp tersebut seorang siswa diberi kesempatan untuk mempelajari sebuah ilmu dari gurunya, seorang siswa yang sukses dari belajarnya misalnya ranking 1 dikelas dan mendapatkan beasiswa itu adalah bonus yang didapatkan ketika bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, harga ilmu tidak sebanding dengan spp bulanan siswa, karena seorang siswa mendapatkan banyak hal dari gurunya jika dimanfaatkan sebaik mungkin waktu belajarnya.

    Suksesnya seorang siswa tergantung dari kesungguhannya dalam belajar, dari apa yang diterangkan seorang guru tidak ada yang sia-sia kecuali tidak memperhatikan apa yang diterangkan seorang guru.

    Kita mungkin tidak suka pada sebuah pelajaran, dengan tidak menyukai sebuah pelajaran bukan berarti tidak akan mempelajarinya, namun harus mempunyai sedikit pengetahuan dari pelajaran tersebut.
      #2. Menuntut Ilmu dari Pesantren/Mengaji
      Seseorang yang mengaji tentunya akan diberi penjelasan mengenai kehidupan setelah kematian, mengaji tidak sekedar membaca Iqro dan Al-Qur'an, tetapi juga diberi penjelasan kenapa kita harus mengaji, ketika memahami dengan sungguh-sungguh apa yang diberikan seorang guru pesantren kepada muridnya, tidak hanya pengetahuan yang didapat tetapi keselamatan hidup dalam Dunia dan Akhirat. Apakah itu sebanding dengan biaya bulanan pesantren?

      Karya seorang yang berilmu membawa manfaat bagi dirinya
      Seorang yang berilmu tentunya akan memanfaatkan apa ilmu yang dimilikinya, ketika mempunyai ilmu tentang pengrajinan, seorang berilmu pengrajinan pasti akan membuat sebuah karya dari apa yang dia bisa dan menjual hasil karyanya kepada umum.

      Manusia bisa saja mempunyai sebuah karya yang sangat kreatif namun sebenarnya dari kata "kreatif" itu pasti didasari dari sebuah ilmu.

      Ilmu yang bermanfaat merupakan kebaikan manusia, dan sebaik-baik manusia yang memiliki ilmu adalah menyebarkannya kepada orang lain

      Kenapa ilmu lebih mahal dari hasil karya?

      Hasil karya dari seorang pengrajinan tidak sebanding dengan ilmu yang dimilikinya, ketika seorang pengrajinan menghasilkan sebuah karya yang sangat mahal namun sebenarnya yang lebih mahal adalah ilmu yang dimilikinya, seorang pengrajinan sukses menjual kerajinannya karena sebuah ilmu, dan ketika mendapatkan sebuah kekayaan namun kekayaan itu sebenarnya berasal dari ilmunya, itulah mengapa ilmu lebih mahal dari sebuah karya.

      Inilah Tips sebelum mempelajari Ilmu

      Dalam sekolah menuntut ilmu adalah kewajiban sebagai seorang siswa namun ada syarat yang harus ditempuh seorang siswa yaitu mengikuti semua aturan sekolah seperti:


      1. Tidak sering terlambat, karena dengan terlambat kita berarti telah menyianyiakan waktu belajar kita.
      2. Selalu mengerjakan tugas rumah, tugas ini menjadikan kita tetap aktif belajar meskipun kita tidak disekolah.
      3. Tidak nyontek, dengan nyontek berarti tidak yakin akan jawaban kita sendiri
      4. Malas membangun niat, agar lancar menuntut ilmu disekolah maka diperlukan sebuah niat yang sungguh-sungguh.


      Lebih baik mendapat nilai pas-pasan namun hasil ilmu sendiri daripada nilai bagus yang sebenarnya merupakan nilai teman yang kita contek.

      Ini merupakan tips awal suksesnya untuk menuntut ilmu disekolah, dan selanjutnya hanya satu yaitu Rajin Belajar.

      Sedangkan untuk pesantren menuntut Ilmu merupakan kewajiban sebagai santri, memiliki sebuah ilmu bagi santri diwajibkan agar mendapatkan keselamatan hidup, tipsnya:

      1. Mengamalkan ilmu dari guru, karena dengan mengamalkan ilmu dari guru akan lebih bermanfaat dan termasuk dalam kategori amal jariyah yang tidak akan terputus setelah kematian.
      2. Mempraktekan hasil belajarnya dengan niat, misalnya kita baru saja diajarkan oleh guru kita tentang cara sholat yang benar maka kita harus mempraktekkannya setiap masuk waktu sholat dengan penuh niat.

      Manfaat memiliki Ilmu bagi kita

      Manfaat dari ilmu bisa dijelaskan dengan sederhana, ketika memiliki sebuah barang bekas kita bisa mendekorasi ulang barang bekas tersebut menjadi barang yang bermanfaat, dengan mempunyai ilmu, kita bisa mempelajari banyak hal tentang kehidupan ini, ilmu disimpan didalam pikiran manusia dan tidak bisa terhapuskan sama halnya dengan masa lalu yang sangat susah untuk dilupakan meskipun mencoba untuk melupakannya.

      #1. Menjadi diri yang lebih baik
      Kita yang berilmu akan mempelajari tentang diri kita, ketika kita bersalah dalam sebuah hal, maka kita akan mempelajari kesalahan kita menjadi yang lebih baik, dengan mempunyai kesalahan bukan berarti kita telah gagal namun dengan mempunyai kesalahan bisa menjadi awal dari kebaikan jika mempelajarinya.

      #2. Kunci sukses dimasa mendatang
      Salah satu kunci sukses seseorang adalah dengan memiliki ilmu yang bermanfaat, sukses merupakan bonus dari ilmu yang dimilikinya karena ilmu itu mahal dari sebuah kesuksesan, ilmu menyebabkan semua hal menjadi lebih baik seperti suksesnya seseorang dimasa mendatang.

      #3. Mempelajari banyak hal yang bermanfaat
      Mempunyai Ilmu akan menjadikan kita untuk mencari informasi yang bermanfaat saja, misalnya mempelajari sebuah informasi, solusi, dan banyak hal lain dan tidak untuk mencari hal yang tidak bermanfaat seperti bersenang-senang secara terus menerus tanpa mengenal waktu. Ilmu membawa manfaat bagi manusia yang mempelajarinya, karena itulah berilmu menjadi hal utama dalam memikirkan sesuatu hal.

      #4. Tidak terlalu bergantung kepada orang lain
      Bergantung kepada hasil karya orang lain itu wajar saja karena itu adalah sebagai kekaguman seseorang yang suka pada hasil orang lain, karena dengan memiliki pemikiran sendiri akan lebih baik dan lebih manfaat bagi diri kita sendiri, seorang yang berilmu tidak terlalu bergantung kepada orang lain ketika mengerjakan sesuatu karya, namun mereka lebih cenderung membuat inspirasi agar menciptakan sebuah karya yang bermanfaat, jika berhasil mereka mengajarkan bagaimana caranya kepada orang lain bagaimana caranya.

      Itulah mengapa, kenapa Ilmu lebih mahal dari sebuah karya walaupun karya itu sebagus apapun tetaplah ilmu yang menjadi dasarnya sebuah karya, Ilmu tidak bisa dibeli tetapi bisa dipelajari karena Ilmu merupakan sebuah pemikiran yang kaya. Semoga Bermanfaat.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar