Rabu, 08 April 2020

Cara Riset Keyword

cara riset keyword


Riset keyword atau kata kunci merupakan hal yang paling mendasar ketika kalian membuat sebuah artikel baik pada blog maupun website. Bagi kalian yang memiliki sebuah blog,  maupun website riset keyword merupakan salah satu kunci utama dalam mengoptimasi sebuah website maupun blog agar bisa masuk peringkat pertama google. 

Mengapa  diperlukan riset kata kunci?  Jawabannya adalah agar artikel yang kalian tulis bisa bersaing dengan artikel lain dihalaman pencarian google. Bayangkan saja apabila blog kalian masuk di halaman pertama pencarian google maka peluang untuk mendapatkan klik dari pengunjung akan lebih besar. Karena berdasarkan pengalaman,  pengunjung akan lebih cenderung membuka blog yang muncul dihalaman pertama dibandingkan halaman yang selanjutnya. 

Langkah awal dalam pembuatan riset keyword adalah menentukan niche blog. Misalkan saja blog kalian membahas tentang kesehatan maka niche blog kalian adalah tentang kesehatan dan target pengunjung kalian adalah orang-orang yang mempunyai masalah kesehatan.

Setelah menentukan niche langkah selanjutnya adalah membuat judul artikel. Membuat judul artikel juga tidak boleh asal-asalan. Agar bisa bersaing dengan artikel lain, buatlah sebuah riset kata kunci untuk menentukan judul yang SEO dan paliang banyak dicari orang. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagimanakah cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah?

Jika kalian bingung, tenang saja. Berikut ini akan kita bahas bersama mengenai cara riset keyword. Sebelum kita lanjutkan pembahasan kita kali ini ada baiknya kalian belajarlah untuk menghargai sebuah kata terlebih dahulu. Karena pada dasarnya keyword merupakan sebuah rangkaian kata kunci yang paling sering di cari oleh pengunjung.


Dari tadi kita membahas tentang keyword melulu, nah sebenaranya tahukah kalian bagaimana bentuk keyword tersebut?  Dibawah ini telah saya berikan beberapa macam contoh keyword mengenai topik yang sedang kita bahas saat ini.

  • Cara riset keyword dengan ubbersugest
  • Cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah
  • cara riset keyword 2019
  • cara riset keyword paling jitu
  • contoh keyword
  • mengapa diperlukan riset kata kunci
  • cara riset keyword blog
  • Cara riset keyword google
  • Cara Riset Keyword Gratis

Nah itu tadi adalah contoh keyword yang saya maksud pada pembahasan sebelumnya. Sederhana bukan? Untuk itu, belajarlah untuk menghargai sebuah kata terlebih dahulu sebelum kita lanjutkan pembahasan ini.

Sebelum itu, agar kalian percaya dengan materi yang telah saya tulis ini, saya akan memberikan beberapa contoh artikel saya yang masuk pada halaman pertama pencarian google.



Cara Riset Keyword


Apabila kalian mengetikkan kata kunci cara buat tabel terbuka pada kolom pencarian google, maka secara otomatis artikel sayalah yang akan muncul di halaman pertama.


Cara Riset Keyword


Sedangkan Apabila kalian mengetikkan kata kunci "cara edit foto di word" Maka artikel pertama yang akan muncul adalah artikel dari blog saya.


Cara Riset Keyword


Jika kalian mengetikan keyword "Cara atasi edit html tidak bisa save" maka blog saya juga yang masuk di halaman pertama google.


Cara Riset Keyword


Baiklah, mungkin kalian sudah mulai penasaran bagaimana caranya riset keyword yang benar dan jitu versi saya. Berikut ini saya berikan ulasan lengkap mengenai cara riset keyword gratis.


Cara Riset Keyword Dengan UbberSuggest


Salah satu cara untuk melakukan riset keyword adalah dengan menggunakan tools. Salah satu tools yang dapat kalian gunakan untuk melakukan riset keyword adalah ubbersuggest. Untuk tutorial bagaimana cara menggunakannya silahkan kalian lihat pada pembahasan berikut ini:

  • Langkah selanjutnya ganti  negara English/united states menjadi Indonesia atau bisa juga disesuaikan dengan negara kalian masing-masing.

cara riset keyword

  • Selanjutnya masukkan kata kunci yang ingin di cari. Misalkan saya tulis kata kunci "cara membuat" . Setelah itu klik search
  • Silahkan kalian tunggu beberapa saat hingga keywordnya muncul

cara riset keyword


  • Setelah muncul seperti itu, langkah selanjutnya silahkan kalian scroll kebawah lalu lihat beberapa saran kata kunci yang tersedia. 



Cara Riset Keyword

Kalian bisa memilih kata kunci tersebut sesuai dengan volume pencarian tertinggi dan dengan persaingan terendah. Untuk melihat jumlah pencarian tertinggi silahkan lihat pada bagian volume kemudian untuk melihat jumlah persaingan terendah silhkan lihat pada SD (SEO Difficulty).

Setelah membaca pembahasan diatas apakah kalian sudah paham bagaimana caranya melakukan riset keyword menggunakan ubbersugest? Saya sangat yakin kalian pasti bisa. Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan kita yang selanjutnya.


Cara Riset Keyword Google


Selain menggunakan tools, kalian juga bisa melakukan riset keyword dengan google loh guys. Lantas bagaimana caranya mas? Caranya akan saya sampaikan melalui pembahasan berikut ini. Jangan lupa untuk disimak dengan baik ya guys..

  • Langkah pertama silahkan kalian buka terlebih dahulu www.google.com 
  • Kemudian ketikan kata kunci yang ingin kalian bidik
  • Sebagai contoh saya akan mengetikan "cara buat tabel terbuka"
  • Setelah itu scroll kebawah dan lihat pada bagian seperti berikut

Cara Riset Keyword


Nah, beberapa kata penelusuran yang terkait dengan cara buat tabel terbuka diatas merupakan kata kunci atau keyword yang paling sering dicari oleh pengunjung. Kalian bisa memasukkan kata kunci tersebut untuk membuat artikel yang seo.


Oke, sekarang mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai cara riset keyword. Selamat membaca.


Cara Riset Keyword Menggunakan LSI Keyword


Selain dua cara diatas, ada cara lain yang menurut saya perlu kalian coba yaitu menggunakan LSI keyword. Untuk langkah-langkahnya silahkan kalian lihat pada pembahasan berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan buka terlebih dahulu LSI Keyword
  • Langkah selanjutnya silahkan kalian ketikkan kata kunci yang ingin kalian cari. Sebagai contoh saya akan mengetikkan kata kunci "cara membuat"


cara riset keyword


  • Setelah itu akan muncul beberapa keyword yang dapat kalian gunakan. Silahkan pilih sesuka hati kalian.


cara riset keyword


  • Kalian juga bisa mencari beberapa kata kunci di lsi keyword. Namun maksimal 10 kata kunci

Sekarang kalian sudah punya 3 opsi untuk melakukan riset keyword. Mau pilih menggunakan ubbersugest, google maupun lsikeyword. Sekarang saya akan memberikan bonus kepada kalian. bonus nya apa? Bonusnya adalah alat untuk riset keyword. Bagaimanakah caranya? Silahkan simak ulasan berikut:


Cara Riset Keyword Menggunakan Bing Webmaster Tool


Pembahasan terakhir yang ingin saya sampaikan adalah cara riset keyword menggunakan bantuan bing webmaster tool. Bagi yang belum mendaftarkan blog maupun sebsitenya ke bing webmaster tool buruan deh segera daftar.Karena selain bisa menambah jmlah visitor kalian, bing webmaster tool juga bisa digunakan untuk meriset kata kunci. Bagaimanakah caranya? silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

  • Buka dashboard laman bing webmaster tool
  • Kemudian lihat pada menu disebelah kiri. Silahkan kalian pilih Diacnostics & tools


cara riset keyword


  • Langkah selanjutnya silahkan kalian pilih keyword research
  • Masukkan kata kunci melalui kolom yang telah disediakan. Sebagai contoh saya akan memasukkan kata kunci " cara membuat" kemudian klik search

cara riset keyword

  • Tunggu hingga proses pencarian keyword selesai
  • Setelah selesai, silahkan pilih beberapa keyword dengan volume pencarian yang tinggi

cara riset keyword



Mas? kok cuma cara yang diatas aja yang ditampilkan cara yang lain seperti keyword tool io, google planner dan lain sebagainya kok enggak ditampilin? Baiklah, semula saya juga telah mencoba semua tools tersebut satu persatu. Namun yang menjadi masalah adalah tool yang menyediakan jasa riset keyword secara gratis alias cuma-cuma ya seperti yang telah saya sebutkan diatas saja. Walaupun, yang berbayar memiliki fitur yang lebih canggih. Namun, apabila kalian menginginkan fitur yang lebih canggih dan akurat lagi, silahkan gunakan tools yang berbayar.

Sekarang saya yakin kalian sudah paham dengan apa yang telah kita pelajari hari ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua terutama yang sedang meriset keyword. Terimakasih telah berkunjung..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar