Minggu, 06 November 2016

PENGERTIAN BASIS DATA [LENGKAP]




Pengertian Basis Data
Basis data terdiri dari dua kata, yaitu Basis dan Data. Basis dapat diartikan sebagai markas, gudang atau tempat berkumpul. sedangkan data yaitu kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek, seperti manusia, barang, dan lain sebagainya yang terekam ke dalam bentuk angka, bentuk huruf, simbol, teks, bunyi, dan gambar atau juga kombinasinya.

Pengertian Basis Data Menurut Beberapa Pakar

  • Menurut Stephens dan Plew (2000) "adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data. Informasi adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai alasan. Dengan basis data, pengguna dapat menyimpan data secara terorganisasi. Setelah data disimpan, informasi harus mudah diambil. Kriteria dapat digunakan untuk mengambil informasi. Cara data disimpan dalam basis data menentukan seberapa mudah mencari informasi berdasarkan banyak kriteria. Data pun harus mudah ditambahkan ke dalam basis data, dimodifikasi, dan dihapus".
  • Menurut McLeod, dkk (2001) "basis data adalah kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi. Sistem manajemen basis data adalah aplikasi perangkat lunak yang menyimpan struktur basis data, hubungan antar data dalam basis data, serta sebagai formulir dan laporan yang berkaitan dengan basis data. Basis data yang dikendalikan oleh sistem manajemen basis data adalah satu set catatan data yang berhubungan dan saling menjelaskan".
  • Menurut Siberschatz, dkk (2002) "basis data sebagai kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan. Sistem manajemen basis data (DBMS) adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan sekumpulan program untuk mengakses data. Tujuan utama sistem manajemen basis data adalah menyediakan cara menyimpan dan mengambil informasi basis data secara mudah dan efesien".
  • Menurut Ramakrishnan dan Gehrke (2003) "basis data sebagai kumpulan data, umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan". 
Jadi  Basis data  adalah kumpulan terorganisasi dari data-data yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat mudah disimpan, dimanipulasi, serta dipanggil oleh penggunanya. Definisi basis data juga dapat diartikan sebagai kumpulan data yang terdiri dari satu atau lebih tabel yang terintegrasi satu sama lain, dimana setiap user diberi wewenang untuk dapat mengakses (seperti mengubah, menghapus, dan lain-lain) data dalam tabel-tabel tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar