Sabtu, 15 Oktober 2016

Cara Mengatasi Error Pada Smartphone

Cara Mengatasi Error Pada Smartphone - Smartphone merupakan ponsel pintar yang digemari oleh banyak orang mulai anak-anak hingga orang dewasa, karena fitur yang ditawarkan smartphone menarik minat banyak orang. Ponsel pintar ini sebut saja salah satunya bernama Android yang merupakan ponsel pintar berbasis linux, program dan fitur dari smartphone ini terbilang menarik, tidak dipungkiri lagi banyak orang yang memilih smartphone sebagai ponsel pilihannya.


Smartphone Android telah berkembang pesat pada saat ini, tidak heran lagi saudara, teman, atau  keluarga kita salah satunya sudah memiliki smartphone bahkan semuanya sudah punya smartphone. Tidak heran lagi jika pengguna ponsel terbanyak saat ini adalah pengguna ponsel layar sentuh yaitu smartphone bernama Android. Smartphone saat ini sudah trend dikalangan masyarakat, karena harga smartphone makin lama makin murah dan akan menambah minat banyak orang untuk membelinya.

Smartphone mempunyai yang saat ini sudah menjadi pilihan banyak orang pada saat ini, dan yang menjadi daya tarik terutama pada android versi terbaru yaitu Marshmallow dan akan disusul Android Nougat. Disamping menggunakan smartphone kita mungkin juga pernah mengalami Error pada Smartphone kita, bisa jadi ketika kita sedang enak-enak browsing tiba-tiba smartphone kita mati sendiri. Smartphone yang error tersebut tentunya akan membuat kita semakin tidak nyaman menggunakan smartphone kita, terkadang kita mengeluhkan keadaan smartphone kita yang tiba-tiba blank atau mati padahal kita tidak melakukan setting apapun pada smartphone kita.

Ada suatu ketika saya mengalami blank pada smartphone, pada saat itu saya belum mengetahui apa-apa tentang smartphone, atau masih pemula yang baru memegang smartphone, pada saat itu aplikasi yang terinstal namun banyak yang menganggur, saya sempat kecewa smartphone saya menjadi lambat tetapi hal itu teratasi setelah saya menerima saran dari teman saya untuk menghapus beberapa aplikasi yang terinstal namun tidak terpakai. Saya pada saat itu yang belum banyak tau tentang smartphone diberi saran agar kinerja smartphone menjadi cepat, posisi ram smartphone saya masih 512 MB namun aplikasi yang saya instal lebih dari 10 sehingga kinerja smartphone saya menjadi lelet. Setelah semua diatasi oleh teman saya kini saya bisa simpulkan penyebab smarphone kita menjadi lambat dan crash.

Penyebab Smartphone kita Error secara tiba-tiba

Setiap masalah pada smartphone pasti ada penyebabnya entah dari kita sendiri atau dari bawaannya, namun kita tidak perlu panik karena semua itu pasti bisa diatasi. Memiliki Smartphone mahal ataupun murah tetap saja kita harus mewaspadai error yang terjadi pada smartphone kita termasuk melakukan penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

1. Banyak Aplikasi yang berjalan di latar belakang

Kita mungkin lupa tidak menutup Aplikasi setelah menggunakannya, setelah kita menggunakan aplikasi kita langsung menekan tombol home, dan aplikasi tersebut akan terus berjalan selama ada ram bebas yang tersisa dan mencukupi memory untuk aplikasi tersebut. Seperti yang saya alami sendiri yaitu langsung menekan tombol home, tidak menggunakan tombol back untuk menutup aplikasi, saya begitu santai melakukannya tanpa berpikir efek yang terjadi pada smartphone saya termasuk banyaknya ram yang berjalan, selang beberapa kemudian smartphone saya mengalami error pada layar. Menutup aplikasi memang penting jika aplikasi yang kita gunakan tidak terlalu penting untuk berjalan dilatar belakang, kecuali aplikasi khusus chatting dan sebagainya.

Efek pada Smartphone dan Cara Mengatasinya:
Smartphone akan mengalami blank secara tiba-tiba ketika ram penuh, bahkan smartphone bisa restart dengan sendirinya. Untuk mengatasinya, Setelah kita membuka aplikasi, kita menutup aplikasi tersebut dengan terus menekan tombol back sampai masuk pada homescreen. Atau kita bisa melakukan cara manual yaitu masuk ke menu Setting - Aplikasi - Aplikasi yang akan dihentikan - Paksa berhenti.

2. Recents Apps yang penuh

Biasanya ketika kerja atau akan tidur, smartphone kita akan menganggur dalam waktu lama, dalam waktu lama ini smartphone kita menganggur dan terkadang kita mengeluhkan baterai cepat habis padahal posisi saat itu data seluler sudah dinonaktifkan. Kemungkinan banyak aplikasi yang tidak penting namun masih berjalan, dan banyaknya recents app yang mengurangi kinerja ram sehingga ponsel menjadi lambat, mungkin bisa terjadi jika kita tidak rutin membersihkan recent apps sebelum Smartphone kita menganggur. Recent apps terkadang memakan banyak ram walaupun aplikasi yang berada di recent apps tidak berjalan dilatar belakang atau hanya aplikasi kecil.

Efek pada Smartphone dan Cara Mengatasinya:
Smartphone kita akan menjadi lambat, walaupun tidak banyak aplikasi berjalan namun banyak ram bebas akan termakan sia-sia karena banyaknya aplikasi di recent apps. Untuk mengatasinya sangat mudah, Setiap Smartphone mempunyai cara sendiri-sendiri ketika ingin masuk ke recents app, dalam hal ini kita bisa mencari tau cara masuk Recents App dengan memanfaatkan Pencarian Google. Setelah masuk ke Recents app kita hanya tinggal menghapusnya dengan cara menggesernya ke samping sampai tidak ada satupun aplikasi yang tersisa, atau jika ada fitur membersihkan semua aplikasi direcents app maka itu lebih bagus.

3. Terlalu banyak melakukan penginstalan aplikasi

Penginstalan banyak aplikasi memang tidak menimbulkan efek buruk, namun yang sebenarnya bukan karena banyak aplikasi yang kita instal melainkan aplikasi yang terinstal tersebut akan terus berjalan selama masih tetap terpasang, walaupun sudah kita hentikan secara paksa melalui Settings, namun jika ada aplikasi yang membuat pengaruh kepada aplikasi lain akan secara otomatis membangunkan aplikasi yang telah berhenti. Melakukan penginstalan banyak aplikasi adalah hal yang wajar terutama jika kita terhubung dengan wifi gratis, kita akan memanfaatkan hal itu untuk memperbarui semua aplikasi dan menginstal aplikasi baru di Playstore. Aplikasi terinstal tidak hanya memakan ruang memory internal, namun bisa memakan ruang ram bebas, terkadang tindakan yang dilakukan aplikasi terinstal bisa mengurangi kinerja Smartphone yang kita miliki.

Efek pada Smartphone dan Cara Mengatasinya:
Kinerja Smartphone akan berkurang karena banyak ram yang terpakai oleh aplikasi kecuali kita telah menghentikannya melalui menu settings, selain itu baterai akan terkuras karena efek pada setiap aplikasi yang terinstal. Untuk mengatasinya, Kita bisa memanfaatkan aplikasi yang berfungsi membackup pada setiap aplikasi yang kita instal di smartphone kita. Selanjutnya kita membackup setiap aplikasi yang akan kita copot pemasangannya yang sekiranya aplikasi itu suatu saat kita instal kembali, misalnya aplikasi hiburan dan permainan. Selanjutnya kita hanya akan mengurangi aplikasi yang tidak sering digunakan dengan mencopot pemasangannya, agar kinerja ram dan ruang internal kita menjadi lega.

4. Pengaruh aplikasi dari sumber tidak dikenal

Tidak selamanya aplikasi dari sumber tidak dikenal mempunyai efek yang baik pada Smartphone kita, aplikasi yang diinstal selain dari Google Play Store bisa memiliki efek yang tidak baik pada kinerja Smartphone kita, bahkan bisa jadi aplikasi yang diinstal dari sumber tidak dikenal merusak smarphone kita karena adanya virus yang menyamar sebagai aplikasi asli yang kita cari. Virus memang tidak hanya terjadi pada laptop atau komputer kita, smartphone yang hanyalah ponsel pun bisa terkena virus. Mewaspadai aplikasi dari sumber tidak dikenal memang harus kita lakukan, karena tidak selamanya aplikasi dari sumber tidak dikenal memiliki efek yang baik. Tidak salah juga Setelan bawaan pabrik dari Smartphone menonaktifkan penginstalan dari sumber tidak dikenal sampai kita sendiri yang mengaktifkannya secara manual.

Efek pada Smartphone dan Cara Mengatasinya:
Berkemungkinan akan merusak smartphone kita secara tidak langsung, misalnya muncul peringatan sayangnya com.blabla telah berhenti secara tidak wajar. Efek tersebut bisa saja terjadi karena aplikasi yang kita instal dari sumber tidak dikenal yang belum tentu baik bagi smarphone kita. Untuk Mengatasinya, Kita hanya tidak melakukan penginstalan aplikasi dari sumber tidak dikenal, jika kita melakukannya pastikan aplikasi tersebut tidak bertingkah yang tidak wajar. Salah satunya adalah jika nama aplikasi yang kita instal berbeda dengan aplikasi yang kita cari maka bisa dipastikan itu bukan aplikasi yang kita cari melainkan aplikasi virus.

5. Menjalankan semua aplikasi secara bersamaan

Walaupun tidak banyak melakukan penginstakan aplikasi namun smartphone kita bisa error ketika banyak aplikasi yang kita jalankan secara bersamaan. Misalnya kita memutar musik sambil menjalankan beberapa aplikasi lainnya, namun hal ini adalah wajar jika ram pada smartphone kita berkapasitas besar, pada smartphone ram berkapasitas kecil tidak dianjurkan untuk menjalankan beberapa aplikasi.

Efek pada Smartphone dan Cara Mengatasinya
Crash pada aplikasi atau salah satu dari aplikasi akan menjadi hang dan menutup dengan sendirinya, jika ram penuh maka efek ini berpengaruh pada kenyamanan smartphone kita misalnya terjadi hang pada layar sentuh. Untuk Mengatasinya, kita harus menjalankan beberapa aplikasi tidak lebih dari 3 Aplikasi, khususnya untuk Smartphone yang mempunyai kapasitas RAM 512 MB. Itulah penyebab yang membuat Smartphone kita menjadi error, bisa karena kita sendiri, karena kitalah yang memegang kendali atas smartphone yang kita miliki. Error pada smartphone tidak akan kita jumpai jika poin-poin diatas kita lakukan dengan rutin, smartphone merupakan ponsel pintar, namun kita bisa lebih pintar lagi karena kitalah yang memegang kendali pada smartphone kita sendiri.

Penutup

Mencegah penyebab smartphone kita dari Error lebih baik daripada mengatasi smarphone yang telah error itulah kata-kata yang biasa orang katakan. Error pada Smartphone perlu kita ketahui gejala-gejalanya, termasuk mengingat terakhir yang kita lakukan sebelum smartphone mengalami error. Sebenarnya masih banyak lagi penyebab smartphone kita menjadi error, namun kita perlu memahami sebelum melakukan sesuatu pada smartphone kita. Sekian dari Cara Mengatasi Error Pada Smartphone, smartphone bisa memberikan banyak manfaat kepada kita namun manfaat itu bisa hilang jika smartphone kita terjadi error, semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar