Sabtu, 01 Oktober 2016

Cara Cepat Membuat ID Card Dengan Photoshop

Cara Cepat Membuat ID Card Dengan Photoshop

Tutorial Photoshop - ID card atau dalam bahasa Indonesianya adalah tanda pengenal, memang biasanya di gunakan oleh setiap karyawan yang bekerja di perusahaan. Termasuk saya. Saya juga mempunyai sebuah ID card yang di kasih oleh pihak perusahaan di mana tempat saya bekerja.

ID card tersebut mempunyai fungsi sebagai tanda pengenal dari seseorang yang memakainya. Lalu apa sih perbedaan ID card dengan kartu nama itu? Apakah memiliki fungsi yang sama atau berbeda? mungkin dari segi fungsi sama, yakni memberitahukan identitas dari seseorang.


Membuat ID Card Dengan Photoshop



Kartu Nama biasanya di buat dalam jumlah banyak, dan di bagikan kepada seseorang yang baru kita kenal. Biasanya kartu nama di gunakan oleh sales man, pengusaha dan lain sebagainya. Dan isi dari kartu nama tersebut berupa Nama si pemilik kartu, Alamat serta nomor kontak yang bisa di hubungi. Sedangkan untuk ID Card adalah sebuah tanda pengenal seseorang, serta jumlahnya hanya satu dan tidak untuk di bagikan. isi dari ID Card biasanya hanya sebuah foto dari si pemilik ID card tersebut, nama dan nomor NIK.



Membuat ID Card Dengan Photoshop

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin sobat bisa mengikuti tutorial membuat ID Card dengan photoshop di bawah ini :

1. Pertama buka aplikasi Photoshop sobat dan buatlah lembar kerja baru dengan cara tekan CTRL+N pada keyboard. Atur unukrannya menjadi 85 x 55 mm dengan resolusi 300 pixel/cm

Membuat ID Card Dengan Photoshop


2. Buatlah gambar persegi panjang menggunakan Rectangle Tool (U). Untuk pewarnaan sobat bisa pilih warna sesuka hati sobat.

Membuat ID Card Dengan Photoshop


3. Jika sobat mempunyai sebuah logo masukan sebuah logo di bagian atas yang berwarna merah, dengan ukuran yang sesuai

Membuat ID Card Dengan Photoshop


4. Lalu masukan foto sobat ke dalam area lembar photoshop. Lalu seleksi foto tersebut dengan menggunakan Ellipcital Marquee Tool (M).

Membuat ID Card Dengan Photoshop


5. Kemudian tekan CTRL+SHIFT+I pada keyboard untuk membalikan area seleksi. Lalu tekan delete pada keyboard untuk membuang yang tidak di pakai. Maka hasilnya seperti pada gambar di bawah ini

Membuat ID Card Dengan Photoshop


6. Silahkan sobat drag foto tersebut ke dalam area lembar ID card yang sebelumnya sudah di buat tadi

Membuat ID Card Dengan Photoshop


7. Selanjutnya silahkan sobat tambah teks berupa nama serta nomor NIK dengan menggunakan Horizontal Type Tool (T) tepat di bawah foto tersebut

Membuat ID Card Dengan Photoshop


Ya sampai disini sobat sudah berhasil membuat sebuah ID Card dengan photoshop. Mudah dan gampangkan? semoga sobat juga bisa mempraktekannya di ruang komputer sobat. Demikian artikel tutorial cara cepat membuat ID Card dengan photoshop. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika artikel ini berguna bagi orang banyak, silahkan sobat klik tombol share yang ada di atas judul artikel ini. Dan permalink artikel ini adalah
http://sebuahtutorialku.blogspot.com/2016/10/membuat-id-card-dengan-photoshop.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar