Selasa, 25 Oktober 2016

7 Cara Mengatasi Rasa Bosan Secara Sederhana

7 Cara Mengatasi Rasa Bosan Secara Sederhana - Rasa bosan bisa terjadi pada banyak hal, termasuk saat semua yang ada didalam kehidupan kita merasa tidak ada perubahan yang menyenangkan. Bosan bisa menyangkut banyak hal, yaitu bosan terhadap makanan, tempat, lingkungan, serta aktivitas, dan masih banyak lagi. Bosan merupakan rasa yang paling unik, kenapa bisa dibilang unik? kali ini saya akan memberikan sebuah gambaran ketika kita tinggal didaerah pegunungan kita pasti akan merindukan pantai begitupan sebaliknya ketika kita tinggal didaerah pantai kita akan merindukan pegunungan.

Lingkungan indah untuk mengatasi rasa bosan

Tapi rasa rindu sama rasa bosan beda loh, memang beda tetapi sebenarnya memang sama, saat ada seseorang yang istimewa didekat kita kita akan bersikap biasa namun saat berjauhan kita merindukannya, kita pasti pernah seperti itu hayo ngaku? hehe. Bosan itu menyangkut banyak hal seperti yang saya katakan diatas dan semua orang pasti pernah bosan, hanya saja jangan keseringan bosan karena akan membuat hidup kita tidak tentram. Bosan merupakan rasa yang paling mudah muncul dibenak kita, bosan mudah muncul setiap saat dikala pikiran kita sedang tidak merasakan kenyamanan.

Penyebab Rasa Bosan terjadi Secara Terus Menerus

Rasa Bosan terjadi karena sesuatu yang berbeda-beda, rasa bosan muncul karena banyak penyebabnya.

# Melihat kelebihan lain diatas kita
Bosan seperti ini bisa diatasi dengan mudah, namun hanya bagi yang telah terbiasa, jika terlarut dalam rasa bosan seperti ini rasanya akan sulit untuk mengatasinya. Melihat kelebihan lain yang jauh lebih tinggi bisa saja terjadi karena kita menginginkan sesuatu dan melihat sesuatu yang kita miliki ini tidak sebanding dengan apa yang kita inginkan. Kelebihan bukanlah sesuatu yang istimewa karena semuanya pada dasarnya sama, memang benar sama yaitu sama-sama akan sirna dan itu hanya bersifat sementara.

# Lingkungan yang tanpa ada perubahan
Memanglah wajar jika kita bosan terhadap lingkungan, jika ini adalah rasa bosan terhadap lingkungan rumah kita maka kita bisa berkreasi dirumah kita agar lingkungan rumah kita terlihat menarik. Berbeda dengan bosan jika berada di lingkungan luar rumah, kita perlu memaksakan rasa betah dengan berbagai cara agar rasa bosan tidak muncul terus menerus. Jika bosan maka bosanlah untum sebentar saja, karena rasa bosan merupakan penyebab berkurangnya semangat hidup.

# Menu Makanan yang sama setiap hari
Jika kita disediakan makanan kesukaan kita, tentu kita akan senang dan bahagia. Namun bagaimana perasaan selanjutnya jika disediakan setiap hari selama satu minggu? mungkin ada rasa bosan dan sebagainya. Menu Makanan yang sama setiap hari juga bisa menjadi penyebab rasa bosan muncul di pikiran kita, sekalipun menu makanan tersebut adalah menu makanan kesukaan kita. Seperti pada pengalaman saya, saya menyukai tahu bulat dan begitu senang disediakan tahu bulat setiao hari namun lama-lama muncul rasa bosan saya terhadap tahu bulat dan saya tidak menyantapnya lagi, namun setelah beberapa bulan tidak makan tahu bulat saya merindukan rasa dari tahu bulat tersebut, menyedihkan sekali.

# Terlalu menuruti Keinginan
Keinginan diri sendiri yang kita turuti akan membuahkan kesenangan, namun terkadang keinginan yang kita turuti secara terus-terusan justru akan menimbulkan rasa kebosanan. Karena kita telah terbiasa menuruti keinginan jadi wajar saja jika rasa bosan itu muncul di benak kita, jika tidak menuruti keinginan sendiri rasanya akan down sekali dalam pikiran kita justru menghantui pikiran sendiri karena keinginan yang tidak terwujud.

Cara Sederhana Mengatasi Rasa Bosan Terus Menerus

Rasa bosan itu adalah bentuk rasa kita tidak bersyukur kepada kehidupan yang diberikan Allah, namun ada juga yang bosan karena sikap seseorang yang tidak kunjung berubah. Intinya bosan itu tidak selalu rasa yang buruk namun ada juga rasa bosan yang baik, hanya saja perasaan bosan itu tidak enak dirasakan secara terus menerus.

1. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik merupakan salah satu cara mencegah bosan terhadap segala sesuatu, misalkan kita menganggur dirumah biasanya kita akan bosan karena tidak melakukan apapun, agar tidak bosan kita bisa mendengarkan musik untuk mencegah rasa bosan itu muncul. Musik secara tidak sadar akan membuat perasaan seseorang menjadi larut oleh suasana alunan musik. Percaya tidak percaya saya pun mendengarkan musik dan musik tersebut membawa suasana di dalam pikiran saya.

2. Bersyukur atas apa yang dimiliki
Jika kita bosan terhadap lingkungan kita maka salah satu caranya yaitu dengan bersyukur dan menerima, percayalah apapun yang kamu miliki pasti ada banyak orang yang ingin seperti kamu. Bersyukur merupakan cara ampuh untuk mengatasi rasa bosan dengan apapun yang kita miliki, karena rasa syukur akan menambah kenikmatan kita.

3. Mengerjakan Hobby
Kamu Hobby apa? Membaca? maka untuk menghilangkan rasa bosan dengan banyak membaca, kita biasanya akan bosan jika tidak ada aktifitas apapun nah kita bisa membaca berita, majalah, dan sebagainya. Membaca juga merupakan jembatan ilmu pengetahuan, karena dengan membaca akan menyerap informasi yang ada didalam tulisan itu.

4. Berlibur dan Bersenang-senang
Biasanya kita bosan dengan pekerjaan, tugas sekolah maka kita bisa melakukan refreshing yaitu dengan liburan. Jika pikiran kita dipenuhi oleh tugas dan pekerjaan saja maka tidak mungkin lagi kita akan bosan karena terus memikirkannya, setidaknya kita bisa berlibur dan bersenang-senang untuk menghilangkan rasa bosan kita.

5. Menghibur diri sendiri
Banyak orang yang berpendapat Menghibur diri sendiri itu lebih sulit daripada menghibur orang lain sekalipun ia adalah seorang pelawak  namun tidak mampu menghibur diri sendiri. Secara sederhana menghibur diri sendiri yaitu dengan membaca komik lucu dan sebagainya, agar kita tidak mudah bosan.

6. Mencari Kegiatan berguna
Jika tidak ada kegiatan pada hari libur, atau tidak ada kegiatan di lingkungan rumah maka kita bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat, tiap orang pasti mempunyai kegiatan yang berbeda-beda oleh karena itu saya tidak akan menyebutkan kegiatan apa yang bisa menghilangkan rasa bosan.

7. Memainkan Ponsel/Gadged
Sederhana tapi bisa menghilangkan rasa bosan, contohnya yang kita lakukan sekarang ini yaitu dengan memainkan ponsel kita, menggunakan ponsel yaitu salah satu cara untuk menghilangkan bosan. Hal yang paling tidak membosankan ketika memainkan ponsel yaitu ketika ada jaringan wifi gratis yang tersedia, ya ini yang menurut saya tidak akan membosankan, kita bisa dapatkan wifi gratis ini saat berada di restoran, ataupun warung kopi.

Penutup

Bosan merupakan rasa yang tidak enak, menghilangkan rasa bosan itu tidak mudah. Rasa bosan yang keterusan dipikirkan tentu tidak enak bukan? nah, rasa bosan itu perlu dihilangkan dengan berbagai cara sesuai kemampuan kita. Menghilangkan rasa bosan itu tidak perlu dengan memberikan kemewah-mewahan kepada diri sendiri, karena cukup dengan hal sederhana yang mampu kita lakukan insya Allah rasa bosan itu akan hilang seketika didalam pikiran kita. Demikan 7 Cara Mengatasi Rasa Bosan Secara Sederhana, semoga apa yang saya tulis diatas mudah untuk dipahami kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar