Kamis, 08 September 2016

Manfaat Pergerakan Shalat bagi Kesehatan tubuh

Manfaat Pergerakan Shalat bagi Kesehatan tubuh - Shalat merupakan kewajiban bagi setiap orang islam, terutama pada muslim sejati, shalat merupakan tiang Agama Islam, bagi setiap muslim sejati shalat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dalam 5 waktu, sebagian dari kita mungkin menganggap shalat sebagai kewajiban saja, namun sebenarnya shalat merupakan kebutuhan kita sebagai muslim.

Bagi kehidupan ini, ternyata selain pergerakan-pergerakan shalat membawa manfaat pada ketaqwaan kepada Allah, juga membawa manfaat lain yaitu kesehatan pada tubuh.

pergerakan shalat tidak hanya menjadi kewajiban tetapi juga kebutuhan

Ada beberapa hal yang menyatakan shalat ternyata membawa manfaat bagi manusia, salah satunya dari penelitian kesehatan, selain manfaat pada ketaqwaan terhadap Allah ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, setiap pergerakan shalat kita memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh.

Manfaat dari Shalat Shubuh

Kewajiban shalat lima waktu ini secara sadar atau tidak tentunya akan mendorong kita untuk melakukan olah raga pagi, seperti pada shalat shubuh, sebelum matahari terbit pada pagi hari kita diwajibkan untuk segera bangun menunaikan shalat shubuh, anjuran shalat subuh ini saat kita lakukan secara tidak sadar kita telah berolah raga, daya otot dan pergerakan kita akan menjadi nyaman saat menjalankan shalat shubuh.

Melakukan shalat lebih baik daripada harus tidur?
Itu benar, tidur pada pagi hari tidak akan membawa manfaat apapun, kalau kata orang dulu tidur pagi rezeki dipatok ayam tentu maksudnya adalah pada pagi hari yang seharusnya berolah raga dan melakukan manfaat lain malah dibuat tidur pulas yang sama sekali tidak membawa manfaat.

Setiap pergerakan kita pada shalat subuh akan secara tidak sadar akan dihitung sebagai pergerakan olah raga oleh tubuh, dengan begitu fisik kita akan menjadi semakin sehat, sehingga tidak mudah terserang penyakit, Subhanallah.

1. Shalat shubuh mengajarkan kita untuk selalu bangun pagi
Keutamaan shalat shubuh pada pagi hari ini adalah kita selalu ingin bangun pada pagi hari, shalat shubuh akan mengajarkan seseorang untuk bangun pagi, pada pagi hari sebelum matahari terbit tentunya bangun pada posisi tersebut dapat membawa banyak manfaat terutama menyiapkan sesuatu pada pagi hari, misal akan bekerja maka dengan mudah memikirkan menu bekal apa yang pas nanti.

2. Shalat shubuh mengajarkan untuk mengingatkan orang lain
Melakukan shalat shubuh manfaatnya selalu ingat kepada sesamanya, saat kita menunaikan kewajiban shalat shubuh, setelahnya kita akan membangunkan saudara, keluarga kita untuk menunaikkan shalat shubuh, hal ini tentunya akan bermanfaat bagi orang lain, karena telah mengingatkan untuk bangun pagi.

3. Shalat subuh sebagai mengawali hari
Mengawali hari yang baik adalah dengan melakukan shalat, shalat fajar sebelum shubuh dan shalat shubuh merupakan hal yang baik sebagai mengawali hari yang lebih baik, shalat shubuh mengingatkan kita bahwa kita masih diberikan kesempatan untuk menjadi lebih baik setelah bangun tidur, serta masih diberi nikmat kesehatan tubuh.

4. Shalat Shubuh mengingatkan kita pada kenikmatan dunia sementara
Jika kita bersungguh-sungguh dalam shalat shubuh insya Allah kita akan mengingat kenikmatan dunia ini yang hanya sementara, shalat shubuh sekaligus bisa menjadi olahraga karena dilakukan pada pagi hari.

Manfaat shalat bagi kesehatan

Shalat bukan hanyak kewajiban namun shalat bisa menjadi kebutuhan manusia, bamyak manfaat dari shalat.

1. Menciptakan ketentraman hati
Orang yang selalu shalat lima waktu akan merasakan tentram jiwanya, tidak akan mudah mengambil keputusan yang salah, dengan begitu akan terciptanya rasa tentram didalam hati, hati yang tidak tentram secara terus menerus akan menginkan beberapa penyakit yang masuk kedalam tubuh kita.

2. Sabar dalam menghadapi masalah
Seorang yang shalatnya benar-benar diterima oleh Allah, maka akan ada perubahan yang tercipta darinya mulai dari kesabaran dalam menghadapi masalah, karena ia yakin masalah merupakan sebuah bentuk ujian yang diberikan oleh Allah, orang yang shalatnya baik tentunya akan sabar dalam menghadapi masalah, berbeda dengan orang yang tidak sabar dalam masalah akan selalu terus memikirkan masalah tak kunjung selesai, masalah yang dipikirkan akan berakibat stress dan tekanan terhadap jiwa.

4. Mencegah dari perbuatan munkar
Mungkin kita pernah mendengar hal ini, shalat lima waktu akan mencegah kita dari perbuatan munkar, nah kita bisa prediksikan pada seseorang yang tidak baik, jika kita menemukan maka kita bisa lihat kualitas shalatnya apakah baik atau tidak. Seseorang yang beriman  tentunya akan shalat lima waktu, mencegah dari perbuatan munkar akan berefek baik pada tubuh kita, pasalnya perbuatan munkar akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh, contohnya jika tidak menang dalam perbuatannya akan timbul rasa stress yang berkepanjangan.

5. Menumbuhkan rasa nyaman
Rasa nyaman setelah shalat akan tumbuh dengan sendirinya, shalat merupakan pendekatan diri kepada Allah, sehingga rasa nyaman mungkin akan tumbuh tergantung dari seberapa khusuk kita dalam menjalankan shalat lima waktu, rasa nyaman dalam hati tidak mengijinkan beberapa penyakit untuk menyerang tubuh kita, sehingga akan menyehatkan tubuh.

6. Bisa Melihat sifat dan watak orang lain
Salah satu keutamaan shalat adalah bisa melihat sifat dan watak orang lain, jika sifat itu baik maka akan terpikirkan cara untuk memperbaiki diri kita yang tidak sebaik mereka, sebaliknya jika sifat itu tidak baik maka akan terpikirkan juga cara untuk mempelajari hal yang lebih baik agar tidak terjerumuskan oleh perbuatan yang salah.

7. Meyadarkan bahwa serendah-rendahnya diri kita ini
Rasa ingin menonjolkan diri didepan banyak orang tentu tidak baik bagi diri kita serta orang lain, akibatnya kemungkinan ada yang tidak suka dengan kita karena kebaikan dan kelebihan yang kita punya, karena kebaikan kita tidak harus ditonjolkan, kebaikan harus dirahasiakan karena yang pantas melihat dan menentukan baik dan buruknya kita hanyalah Allah semata, hal ini tentu akan menyadarkan diri kita bahwa kita adalah serendah-rendahnya sebagai hambanya, kesehatan dan rezeki hanya Allah yang memberikan itu.

8. Selalu hati-hati dalam berbuat sesuatu
Dalam setiap perbuatan kita akan selalu hati-hati sebelum melanjutkan perbuatan tersebut, apakah baik kedepannya atau tidak, apakah perbuatan itu membawa manfaat atau tidak, sehingga kita tidak mudah terjerumus pada hal yang salah, tentunya shalat memang membawa manfaat dan kesehatan, sehingga perbuatan yang tidak sehat akan kita hindari.

9. Cerdas dalam pemikiran
Salah satu kesehatan yang dihasilkan dari shalat adalah pada saat sujud, dengan sujud kita akan menyadarkan serendah rendahnya kepala kita dari anggota badan kita yang lain, dalam posisi sujud ini darah yang mengalir berasal dari jantung akan menuju ke otak, sehingga akan memicu kecerdasan pada otak kita yang dijelaskan menurut pakar kesehatan.

10. Setiap pergerakan shalat membawa kesehatan
Melakukan shalat berarti akan memaksa seluruh anggota tubuh untuk bergerak, tubuh tidak akan terasa kaku, seringnya melakukan ini tiap lima waktu dalam sehari akan berdampak baik bagi seluruh otot-otot pergerakan tubuh, salah satu contoh nya pada ruku', setelah kaki berdiri lurus disangga oleh tangan maka akan berdiri tegak i'tidal setelahnya kaki akan dilipat untuk sujud dan duduk diantara dua sujud, hal ini tentunya akan merubah otot pergerakan menjadi lebih sehat layaknya sebuah olahraga.

11. Mengingat waktu untuk kehidupan
Dari kebanyakan orang mungkin akan memikirkan hal ini, shalat shubuh sebagai pengingat waktu sebelum matahari terbit, dhuhur sebagai waktu matahari telah berada ditengah-tengah langit bumi, ashar sebagai waktu matahari telah sampai pada barat, maghrib sebagai waktu matahari hampir tenggelam atau senja, dan yang terakhir waktu isya sebagai matahari tidak terlihat lagi di bumi, bagi orang yang memikirkan hal ini mungkin akan mengerti arti kesehatan tubuh ini dalam kehidupannya, dia akan berpikir kebaikan apa yang telah diperbuat dalam sehari ini, apakah lebih banyak kebaikan atau keburukan yang dilakukannya pada hari ini.

Penutup

Saat kita telah mengetahui kesehatan yang didapat dari shalat ini, apa yang kita lakukan sekarang? apakah kita makin tersadarkan oleh hikmah ini?, Allah memberikan hikmah kepada setiap kebaikan yang kita lakukan salah satunya adalah kesehatan pada saat shalat ini.

Demikian Manfaat Pergerakan Shalat bagi Kesehatan tubuh, manfaat yang didapat dari shalat akan menjadi kebaikan fisik dan psikis, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar