Kamis, 11 Agustus 2016

Inilah 5 Cara Agar Mendapat Ketenangan Hidup

Hidup ini adalah Anugrah dari Allah SWT. Dia yang menciptakan Keindahan alam didunia ini, namun tugas kita di sini adalah memanfaatkan nya dengan sebaik mungkin. Jika Keindahan Alam yang dilihat oleh manusia merupakan kesempurnaan Alam yang diciptakan Allah, maka kita patut mensyukurinya karena sampai saat ini kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk memandangi Alam.


Dalam kesendirian Manusia terkadang ia bisa merenung dalam kesendiriannya tersebut. Manusia akan bertanya kepada dirinya "kenapa aku hidup didunia ini?", dan "siapa sebenarnya aku ini?".

Tentu saja jika manusia larut dalam termenungannya secara tidak sadar akan menangis. Menangis karena kesadaran lebih baik ketimbang menangis karena putus cinta.
Terkadang Manusia juga bisa mendapat Hidayah dari sebuah pemandangan yang Indah. Kenapa bisa begitu?

Singkat saja, ketika manusia menyukai pemandangan alam, manusia akan terbawa suasana alam tersebut entah itu didaerah pegunungan atau daerah yang indah lainnya. Rasa ingin menyendiri terkadang muncul dibenaknya dan rasa ingin curhat kepada pemandangan alam yang disukainya. Hidup mereka akan lebih tenang karena dari kebanyakan Manusia yang termenung dalam kesendiriannya, mereka akan terbawa suasana dan mendapat ketenangan dalam hidupnya.
Banyak sekali kesempatan untuk memulai bersyukur karena bisa melihat keindahan alam, seketika akan sadar dosa yang telah diperbuat. Berbeda ketika sedang ramai Manusia akan mudah-mudah saja mendapat kesenangan namun bukan ketenangan.

Tulisan ini akan memberikan tips bagi kamu yang sulit mendapat ketenangan, serta dilanda masalah. Percayalah masalah di dunia ini hanya sesaat saja, karena ini semua adalah ujian dari Allah SWT. Beberapa tips ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan mungkin bisa kamu pelajari.

Faktor yang membuat Hidup tidak tenang

Masa kecil atau masa saat kita dewasa kita sering menemui hal yang tidak kita suka, kita sering menemui masalah yang membuat hidup menjadi stress, untuk anak-anak biasanya stress karena tugas sekolah, dan yang dewasa stress karena pekerjaan.

# Lingkungan terlalu ramai
Lingkungan yang baik yaitu lingkungan yang mampu memberikan ketenangan, kita lebih suka yang mana lingkungan ramai atau lingkungan yang tenang? saya yakin sekali terkadang seseorang menginkan ketenangan saat berada didalam keramaian begitupun sebaliknya.

# Karena teman sendiri
Teman sendiri memang bisa membuat kita hidup menjadi tenang ada juga yang sebaliknya, jika kita menemukan teman sejati, jangan lepaskan dia karena 1 teman yang mampu membuat kita hidup tenang lebih baik dari 1000 teman biasa.

# Faktor karena Cinta
Cinta tidak selamanya membuat kita menjadi tenang, cinta yang menyakitkan adalah ditinggalkan orang yang kita cintai, lebih menyakitkan lagi jika tanpa ada kabar pulang-pulang sudah mempunyai pasangan lain.

# Hidup menyendiri
Kita mungkin pernah melihat orang yang suka menyendiri, dalam benak kita orang tersebut pasti mendapatkan ketenangan yang cukup panjang dan kita menjadi sungkan untuk menghampirinya.

# Merindukan seseorang
Rindu yang berlebihan dapat menghantui pikiran kita seolah ingin cepat bertemu dengan seseorang, terkadang karena rindu seseorang dibuat hidup tidak tenang.

# Keinginan yang tidak terpenuhi
Seseorang yang berkeinginan sesuatu jika keinginan tersebut tidak kunjung didapatkan maka seseorang akan kepikiran, hal ini hanya dialami oleh remaja saja, sedangkan kita yang telah dewasa akan mengendalikan keinginan kita.

# Karena mendapatkan masalah
Masalah membuat orang menjadi hidup tidak tenang, namun ada juga yang mampu menghadapi masalah dengan mudah. Masalah membuat hidup tidak tenang karena terus memikirkan bagaimana cara bebas dari masalah.

Agar Hidup menjadi tenang kita hanya melakukan hal sederhana saja.

Cara Mendapatkan Ketenangan Hidup

Hidup Memang tidak seterusnya tenang, ada saja sebuah masalah yang tanpa kita duga bisa datang secara tiba-tiba. Namun mendapatkan masalah bukan berarti sulit untuk mendapatkan ketenangan.

1. Belajar untuk Bersyukur
Ini merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan ketenangan serta kebahagiaan. Sebab Orang yang selalu bersyukur akan jarang mendapatkan kesedihan yang menimpa.

Saat masalah yang menimpa dirinya, dia akan berpikir Positif dan bersyukur karena masalah yang dia hadapi adalah Ujian dari Allah dan berpikir itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan kekuatan dalam menghadapi masalah.

2. Jangan terlalu memikirkan Nasib
Banyak orang yang berputus asa karena terlalu memikirkan nasib buruk yang mereka alami, mereka selalu melihat keatas, dan jarang melihat kebawah sehingga rasa putus asa selalu muncul di dalam pikirannya.

Seperti pada point pertama, Orang yang tidak bersyukur akan terlalu memikirkan nasib dan mengeluh kan keadaan mereka, akibatnya hanya kekurangan saja yang mereka pikirkan dan tidak percaya pada pertolongan Allah.

Bahkan ada yang mencurahkan keluhannya didalam facebook kenapa saya belum juga bahagia?, hal tersebut tidaklah membuat kamu percaya diri.

3. Pandangi pemandangan Alam yang menurut kamu Indah
Jika kamu tinggal didaerah pegunungan mungkin banyak sekali kesempatan untuk memandangi pemandangan alam yang begitu indah dilihat.

Jika kamu menemukan pemandangan yang menurut kamu indah tanpa sengaja, lihat dan renungkan bahwa kedua mata yang diciptakan Allah ini merupakan anugrah yang luar biasa dari Allah, ini adalah Syurga dunia yang Allah ciptakan.

Melihat pemandangan yang indah serta dengan rasa syukur, kamu akan merasakan ketenangan dalam hidupmu.

4. Jangan menyimpan rasa benci
Jika kamu benci terhadap sesuatu, maka buanglah jauh-jauh rasa itu jangan sampai masuk kedalam hati. Kebencian yang merasuk akan membuat sulit untuk mendapatkan ketenangan dalam hidup ini.

5. Jangan menyetel musik galau disaat sepi
Hampir kebanyakan orang yang menyetel musik cinta yang merdu disaat sunyi akan terasa galau bagi dirinya terutama pada orang yang belum bahagia saat berpacaran atau yang lagi single akan merasa hampa karena belum mempunyai pacar. Ini mungkin terlihat sepele tapi pikiran kamu akan terasa seperti dihipnotis oleh alunan musik.

Musik alunan cinta akan membuat kamu Galau dan mengeluhkan keadaan cintamu. Ini malah sulit bagi kamu untuk tenang. Sebaiknya mendengarkan musik Religi sesekali kamu sadar dan terbawa suasana dalam musik tersebut jika alunan merdu musik tersebut bisa menyadarkan akan arti kehidupanmu dan membuatmu menyadari dosa-dosa yang diperbuat. Itulah ketenangan hidup!


Itulah 5 Tips untuk mendapat ketenangan menurut pengalaman saya pribadi. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Dari yang saya sebutkan diatas, masih banyak lagi cara untuk mendapatkan ketenangan. Terkadang pendapat orang itu beda-beda maka dari itu kita harus lebih optimis dan tidak mudah pesimis. Ketenangan merupakan hal yang diinginkan banyak orang terutama yang mengalami banyak tekanan dalam hidupnya memikirkan hal-hal kecil hingga besar.

Seharusnya Setengah Kita memikirkan kehidupan dunia yang akan sirna ini dan setengah kehidupan Akhirat yang Selamanya. 5 Cara diatas merupakan pengalaman yang bisa kalian pelajari walau terlihat sepele namun Insya Allah manfaat buat kita semua.

Penutup

Tenang bukan berarti diam saat menghadapi masalah, namun tenang tidak terlalu memikirkan masalah tersebut sehingga tidak muncul rasa kekecewaan akibat pikiran dari masalah tersebut. Hal yang bagus untuk tenang adalah saat kita bahagia dan tidak melupakan kewajiban kita sebagai seorang manusia.

Banyak sekali dari manusia yang luput dari kewajiban setelah mendapatkan kebahagiaan, padahal kebahagiaan dan kesedihan merupakan sama-sama Ujian yang diberikan.

Semoga kita bisa mengambil manfaat yang ada, semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar