Selasa, 09 Agustus 2016

3 Hal untuk Menghargai Jasa Para Pahlawan

Para Pahlawan Kita dahulu berjuang mati-matian demi bangsa Indonesia dalam melawan penjajah maka sudah seharusnya kita menghargai Jasa-jasa mereka. Para pahlawan bisa diibaratkan sebagai akar pohon sedangkan kita sebagai buah dari pohon tersebut tanpa adanya sebuah akar pohon maka buah dari pohon juga tidak akan pernah ada.


Ada Hal yang patut kamu lakukan dalam menghargai jasa mereka, mereka dihargai karena sebelum kita lahir para pejuang telah mempertaruhkan nyawanya demi bangsa Indonesia yang saat ini kita pijak. Kita adalah penerus bangsa, jika kita menghargai orang-orang yang telah berjuang untuk kita itu adalah sebaik-baiknya manusia.
Karena Sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat kepada orang lain.

Memang apa yang pahlawan kita lakukan tidak sebanding dengan apa yang kita lakukan yaitu mempertaruhkan nyawanya demi bangsa dan negara kita.

Semuanya berjalan mulus dizaman sekarang tetapi tidak pada zaman penjajahan belanda dulu, dimana pahlawan kita tidak bisa tidur dengan nyenyak saat malam hari karena terpikirkan oleh Belanda yang menyeranga mereka secara tiba-tiba.

Pahlawan kita mempunyai jasa besar atas perjuangannya, dengan menghargai mereka, maka itu adalah kebaikan besar yang kita lakukan.

Kita saat ini tidak mengetahui dengan pasti berapa lama Indonesia kita tercinta ini dijajah oleh Belanda, pada saat itu masa susah berada pada Bangsa Indonesia.

Ada yang berpendapat bahwa Indonesia dijajah selam 350 tahun, bisa dibayangkan bila ada penduduk yang hidup pada masa itu, hidupnya hanya berjuang tanpa ada kesenangan.

Berbeda dengan kita yang hidup serba enak itupun masih kita keluhkan, termasuk saya sendiri.

Jenis-jenis bentuk Penjajahan Belanda

Mungkin pernah kita pelajari saat kita sekolah, karena ini adalah masa lalu Indonesia yang tidak akan pernah dilupakan.

Memanfaatkan Penduduk untuk dijadikan Pekerja
Ketika ada warga yang ditangkap oleh penjajah, mereka tidak langsung menghabisinya melainkan memanfaatkan keadaan ini untuk mengumpulkan mereka untuk dijadikan kerja paksa.

Ya, ini memang bekerja tetapi tidak dibayar sama sekali walaupun sesuap nasi saja pun tidak diberikan. Tidak banyak dari mereka yang berusaha melarikan diri dari kerja paksa yang diadakan oleh Belanda namun ada sebagian yang gagal lolos dan berakhir kehidupannya.

Menguasai Wilayah di Indonesia
Memanfaatkan Indonesia untuk dikuasai, kita tidak mengetahui dengan jelas untuk apa Belanda menjajah Wilayah Indonesia, karena buku sejarah terkadang berbeda dengan yang terjadi aslinya misalkan Indonesia pernah dijajah selama 350 tahun tetapi ada yang mengatakan juga bukan 350 tetapi 30 tahun.

Memanfaatkan Rempah-rempah
Wilayah Indonesia terkenal dengan rempah-rempah, mungkin saja itu menjadi penyebab utama Belanda menjajah Indonesia.

Pernah saya dengar dari Guru sekolah saya bahwa Indonesia dijajah karena terkenal dengan rempah-rempah yang ada, karena posisi Indonesia dijajah saat itu wilayah yang berupa sederhana misalnya dengan rumah kayu dan sebagainya. Berbeda dengan yang saat ini menggunakan semen, pasir, dan batu bata untuk rumah.

Menjajah Indonesia menjadikan Belanda seakan Raja yang menguasai, namun para pejuang kita tetap yakin untuk menghadapi Belanda.

Pada akhirnya Belanda pun dikalahkan oleh pejuang kita, karena tekad dan ambisi pejuang, itulah perjuangan besar yang perlu kita hargai jasa-jasa pejuang mereka.

Sulitkah pada masa itu? Untuk mendapatkan jawaban ini, kita bisa bertanya kepada kakek nenek kita, mungkin setelah kita mendengar jawaban dari mereka kita akan tersadar betapa sulitnya untuk berjuang demi bangsa negara yang dijajah.

Menghargai itu tidak perlu berperang, karena kita cukuplah untuk mencegah perbuatan buruk, karena sebangsa yang saling berbuat baik akan menambah kenikmatan kita pada masa ini.

Capek kerja? Mereka lebih capek berjuang demi Bangsa Negara, atau lebih capek lagi mereka yang terkena kerja paksa oleh Belanda.

Menghargai Jasa mereka itu penting sekali, agar perjuangan yang mereka lakukan benar-benar disadari oleh masyarakat kita sekarang yang merupakan kenikmatan yang didapatkan berasal dari akar dan kitalah daunnya, tanpa akar apalah yang bisa dilakukan daun, itulah filosofinya.

Kita akan mengingat tanggal 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan, pada saat itulah kita akan mengambil hikmah agar mau menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi Bangsa Negara tercinta ini.

Cara Menghargai Jasa Para Pahlawan

Menghargai dan mengenang jasa mereka itu dianjurkan bagi kita agar kita menyadari betapa besar mereka berjuang hingga nyawa dipertaruhkan. Ada hal yang dilakukan untuk menghargai jasa mereka.

1. Upacara 17 Agustus ( Kemerdekaan )
Didalam Lingkungan Sekolah kita diwajibkan dalam mengikuti Upacara demi memperingati Hari Kemerdekaan kita. Hukum mengikuti Upacara ini biasanya wajib bagi siswa yang tidak mengikuti upacara ini akan dikenakan sanksi, namun kita sebagai siswa jangan mengikuti Upacara ini karena takut sanksi saja atau terpaksa karena takut pada guru, Ingat!! Guru untuk mendidik kita bukan untuk menakuti Muridnya.

Guru merupakan Orang Tua yang mendidik kita disekolah maka kita harus menghormati Guru kita sebagaimana Orang Tua kita sendiri. Upacara Kemerdekaan dilakukan pada 17 Agustus setiap tahun sebagai peringatan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

2. Kerja Bakti Agustus dengan Masyarakat
Pada Bulan Agustus ini kita semua akan kerja bakti beramai-ramai dalam melaksanakan kerja bakti sebelum tanggal 17 Agustus. Banyak sekali Anak muda serta Orang tua yang ikut membantu dalam kerja bakti ini, hal ini juga termasuk salah satu cara dalam menghargai Jasa para pahlawan kita dengan mengikuti kerja bakti ini kita akan diajarkan arti sebuah kebersamaan dan kegotong royongan.

Kerja Bakti selain menghargai Jasa para pahlawan kita juga bisa lebih dekat dengan orang-orang sekitar dan belajar tentang Arti kebersamaan dengan orang-orang sekitar. Lingkungan yang nyaman adalah Lingkungan yang bersih hasil kerja kita bersama.

Orang yang mengikut serta membantu dalam kerja bakti juga bernilai kebaikan untuk semua orang-orang dalam satu desa, dan kebersihan menurut slogan yang terpasang di lingkungan adalah sebagian daripada iman.

Kerja bakti ini dilakukan 7 hari sebelum menjelang 17 Agustus, karena kekompakan semua team kerja bakti maka hasil Lingkungan kerja bakti pun jadi indah untuk dipandang.

3. Mendoakan para Pahlawan
Mendoakan kebaikan untuk para pahlawan juga bernilai kebaikan dalam menghargai Jasa-jasa mereka, Oleh karena itu kita harus belajar menghargai seseorang jika kita juga ingin dihargai oleh orang lain.

Mendoakan para pahlawan merupakan sesuatu yang bernilai bagi mereka, karena mereka gugur dalam sebuah peperangan kita yang hidup pada zaman kemerdekaan ini patut menghargai mereke salah satu caranya adalah dengan mendoakan mereka agar para Pahlawan tenang di Alam sana karena tidak sia-sia mereka berjuang sehidup semati demi bangsa Indonesia yang kita tempati ini.

Mendoakan pahlawan juga termasuk bukti bahwa kita menghargai Jasa-jasa mereka.

Penutup

Itulah Cara menghargai Jasa Mereka, kita Nyatakan Merdeka!!!, Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kuat dalam menghadapi Penjajahan Belanda selama 350 Tahun.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Bambu Runcing mampu mengalahkan senjata Api Milik Penjajah Belanda, dan Proklamasi Kemerdekaan adalah hal yang istimewa bagi kita. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar