Minggu, 07 Agustus 2016

3 Tips Mudah buat Pemula dalam Merawat Motor

3 Tips Mudah buat Pemula dalam Merawat Motor - Merawat Motor merupakan hal terpenting, karena dengan memiliki motor kita tidak hanya tinggal pakai saja melainkan merawatnya dengan baik,  ada banyak tips merawat dengan baik yang bertaburan di Internet namun pada tulisan ini saya hanya membagikan 3 tips utama dalam merawat motor.

Remaja pada zaman modern ini siapa sih yang tidak punya motor sendiri? karena mereka yang masih remaja rata-rata adalah anak sekolah saat sudah menduduki bangku SMA, mereka dititipkan sebuah motor oleh orang tuanya untuk berangkat serta pulang sekolah setiap hari dengan mengendarai motor sendiri. Wajar bagi Remaja sekarang ini rata-rata Remaja sekarang 70% memang sudah mengendarai motor saat sekolah.



Motor menjadi alat kendaraan favorit anak sekolah yang sudah SMA bahkan ada anak SMP yang mulai belajar mempergunakan motor, mereka diajari cara mengendarai motor mulai smp. Motor adalah alat kendaraan yang simple, mudah dikendarai dan dikendalikan terutama bagi yang masih baru belajar menggunakan motor, namun bagi Remaja yang sudah mempunyai motor sendiri ada baiknya selalu memperhatikan keadaan motornya mulai dari luar sampai mesin dalam motor. Tidak hanya dinaiki saja, setidaknya seminggu sekali mendapatkan perawatan agar mesin selalu optimal dan tidak terjadi masalah yang diinginkan saat mengendarainya.

Bagi Remaja merawat motor adalah hal penting dilakukan, ini menjaga keawetan pada motor tersebut agar tidak rusak.

Pada tips kali ini, bagi remaja Cara Merawat Motor ini merupakan hal yang tidak sulit, khusus untuk Remaja yang ingin merawat motornya ada 3 tips utama dalam merawat motor agar tetap Awet dan tidak mudah mengalami kerusakan pada motornya itu, pasti rugi kaann kalo rusak ortu udah capek-capek kerja dan beliin motor buat kamu eh malah rusak saat kamu pakai. Bukan hanya Orang tua saja yang merawat motor sendiri karena semua pemilik motor baik itu masih remaja sampai dewasa harus merawat sendiri kesehatan motornya. Remaja adalah saatnya untuk mengerti tentang banyak hal termasuk dengan merawat motor, kita jangan hanya bergantung kepada orang tua agar kita bisa menjadi anak yang mandiri.
Lalu Gimana sih kang Cara Merawat Motor itu? sangat mudah sekali, semuanya akan saya jelaskan.

Merawat motor merupakan hal wajib baik itu motor sendiri atau motor sewaan, karena tidak mungkin kita hanya tinggal menaikinya saja sama halnya dengan hewan piaraan seperti sapi dan kuda, bayangkan jika kita hanya mempermainkan mereka tanpa memikirkan kehidupannya dengan cara memberinya makan, maka itu akan sia-sia saat kita kehilangannya.

Sebenarnya banyak cara untuk membuat mesin motor menjadi awet, mesin merupakan nomor satu yang harus kita jaga selanjutnya terserah kita entah membuat motor kita menjadi keren.

Menjaga motor kita dengan memberikan oli pada rantai motor juga penting, jika tidak maka dalam beberapa bulan rantai motor akan berbunyi sehingga kita berpikir bahwa mesin motor mengalami kerusakan. Rantai Motor sangat penting untuk dijaga serta diberikan olesan oli agar tidak mudah berkarat seiring kita memakai motor. Namun Oli yang diberikan pada rantai tidak harus menggunakan oli baru, cukuplah menggunakan oli bekas pakai.

Keutamaan yang sebenarnya adalah untuk keselamatan berkendara, dengan kita memberi oli pada rantai motor, maka akan memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Namun jika tidak memberikan olesan oli sama sekali pada motor maka rantai akan mudah berkarat, selanjutnya kita yang akan susah nantinya.

Remaja saat ini terkadang ada yang mengabaikan keawetan, ketentraman, namun lebih mengutamakan kesenangan, hal itu wajar namun setelah kita dewasa nanti kita akan mulai mengutamakan yang sebaliknya.

Menjaga Motor tidaklah sesulit yang kita bayangkan seperti kita menjaga sepeda kita.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat Berkendara

Memiliki motor sendiri memang asyik jika kita diberikan oleh orang tua kita, dan lebih asyik lagi jika kita mendapatkan motor dari hasil jerih payah kita sendiri, setelah memiliki motor sendiri ada baiknya kita menjaga motor kita agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Jika tidak punya SIM: Jangan terlalu sering jauh dari area kawasan rumah kita, pengalaman saya pribadi saya terkena tiang sendiri, semuanya lengkap hanya saja tidak punya sim.

Jika berkendara jauh dari kawasan: Maka sebaiknya untuk memakai helm demi keselamatan dan penting juga demi keamanan kita saat ada polisi, sehingga kita bisa lebih ramah kepada polisi karena memakai helm.

Gunakan Masker: Masker membantu kita untuk terjaga dari debu atau polusi yang dihasilkan dari kendaraan di jalan raya, masker mempunyai manfaat terhindar dari debu dan tetap bernafas dengan lega.

Jangan Menyalip Mobil dari Jalur kanan: Tidak banyak pengendara yang lebih memilih menghemat waktu dengan menyalip segala kendaraan termasuk mobil dan truk, namun hal ini sangat tidak disarankan untuk para remaja, karena sangat berbahaya.

Itulah hal sederhana dalam berkendara sebelum terlambat kita bisa mencegahnya dari awal.

Cara Merawat Motot buat Remaja/Pemula Pengendara

Sebenarnya ini adalah cara sederhana, tetaplah santai karena tidak membutuhkan biaya yang mahal.

1. Ganti Oli tiap dua bulan sekali
Nah, buat yang perjalanan sekolahnya jauh misalkan dalam perjalanan kita mengendarai 20km/jam atau 40km/30 menit maka wajib buat ganti Oli tiap dua bulan.

Jika sekolah kamu dekat maka hitung sendiri berapa menit kamu melakukan perjalan dan coba lakukan hitungan sendiri sesuai berapa km/jamnya lamanya, ini menjaga agar mesin Motor tetap Awet dan tidak mudah rusak bisa diibaratkan kita kurang minum air putih maka itu bisa jadi penyakit buat kita, sama halnya dengan motor kita ini.

Mengganti oli bisa diprediksikan seberapa sering dan sejauh dimana kita menggunakan motor tersebut, karena jika oli jarang diganti akan menyebabkan kerusakan pada mesin motor.

2. Mencuci Motor tiap Minggu
Untuk musim kemarau mungkin tidak seberapa kotor jalanannya apalagi jika musim hujan pasti jalanan pada becek-becek membuat motor kita makin kotor ternodai.

Walaupun motor kita kotor atau tidak kotor maka tetap lakukan Pencucian motor seminggu sekali, ini agar motor kita tidak mudah karatan misalnya baut menjadi rapet karatan karena motor jarang dicuci, ini berakibat susah pada saat ingin membongkar motor karena baut-baut susah untuk dilepaskan.

Mencuci motor juga penting dalam merawat motor, dengan mencuci motor secara rutin akan membuktikan kita benar-benar merawat motor dengan baik.

3. Jangan Melepas pelindung
Mungkin banyak remaja yang ingin motornya terkesan keren sebagiannya ada yang melepas pelindung motor. Pelindung motor atau penutup motor berfungsi melindungi mesin-mesin motor, kamu pasti tau kan yang namanya casing hp, casing ini untuk menutupi mesin-mesin handphone sama halnya motor jangan melepas pelindung mesin/casing nya karena bakal mudah rusak motor kamu dan yang pasti ini melanggar Aturan Kendaraan Bermotor bagi Polisi karena menpreteli pelindung/casing motor tersebut, Polisi sangat tidak menyukai hal ini dalam pengendara bermotor.

Casing motor ini adalah pelindung mesin motor yang dalam, sehingga tidak dianjurkan untuk dilepas seperti kebanyakan anak remaja sekarang suka mempreteli motornya agar terlihat keren, padahal itu adalah salah satu cara keren yang salah dan akan berakibat fatal pada motornya.

Nah itulah 3 Tips Mudah Pemula dalam merawat Motor untuk para Remaja. Jangan lupa diingat tentang hal yang saya bahas diatas, Motor kamu Anggaplah sebagai Piaraan kamu, bukan hanya dinaiki saja, tetapi harus dijaga dirawat serta diberi makan (ganti oli dan bensin).

Jangan Lupa taati Peraturan dalam bermotor karena Motor, Semoga Informasi yang saya sampaikan disini bermanfaat ya khususnya untuk para Remaja sekarang yang kebanyakan punya motor semua bahkan ada yang punya CB 150.

Sekian dari tips diatas semoga bermanfaat khususnya untuk para remaja sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar