Senin, 22 Agustus 2016

3 Manfaat Belajar Full Day dalam Pendidikan Anak di Sekolah

Jam Belajar Full day adalah Jam yang dimana mulai pagi sampai sore adalah aktivitas yang hampir sama dengan para pekerja yang tetap fokus pada pekerjaannya. Jam Full day juga akan menjadi jam anak sekolah untuk fokus pada pendidikannya.

Banyak anak sekolah yang kurang mengerti tentang jam full day ini akibatnya mereka akan merasa kecewa terhadap jam full day yang diberikan oleh Pemerintah. Mereka kecewa karena diberikan Jam full pada sekolahnya padahal Jam full day adalah salah satu kesempatan untuk mendapatkan banyak ilmu dari Guru.

Agar tidak memberikan kekecewaan pada jam belajar full day kita harus menyikapinya secara berbeda, menyikapi yang salah justru menimbulkan rasa bosan terhadap sekolah. Tidak harus menyikapi sekolah sebagai pendidikan akibatnya akan tertekan secara terus menerus karena keseriusan belajar. Menyikapi Sekolah sebagai taman bermain agar pendidikan tidak tertekan serta belajar dan bergurau dengan teman-teman.



Jika di Sekolah kita terdapat Guru yang tidak asyik saat mengajar, intinya dikit-dikit marah mungkin menjadi penyebab tidak betahnya siswa disekolah dan belajar full day jadi merasa berat untuk dijalankan. 

Lalu bagaimana solusinya?
Ketika Guru tersebut marah, carilah penyebab mengapa guru kita memarahi kita. Mungkin inilah beberapa alasan yang terjadi kenapa guru marah

Marah karena tidak mengerjakan tugas
Hal ini wajar guru marah, karena seorang guru memarahi muridnya pasti mempunyai maksud dan tujuan yang baik bagi muridnya.

Marah karena melanggar peraturan
Mentaati peraturan juga hal wajib kita lakukan sebagai murid agar guru tidak memberikan amarah kepada kita, misalnya merokok ini tidak baik untuk kesehatan selain menyebabkan dompet tipis, kebiasaan ini akan sulit hilang setelah menjadi perokok sejati serta tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Marah karena terlambat
Hal ini agar kita setelah lulus sekolah nanti guru kita tidak ingin muridnya terlambat pada suatu pekerjaan di perusahaan, akibatnya manajer akan memotong gaji bahkan memberikan peringatan untuk dikeluarkan dari perusahaan.


Jangan merasa kecewa dengan adanya full day sebaliknya merasa senanglah karena diberikannya full day.

Apasih pendapat anak-anak untuk memilih jam belajar biasa ketimbang Jam Belajar full day?
Beberapa anak memberikan pendapat jam belajar full day lebih banyak tekanan pikiran dari pada jam belajar biasa. Mereka diberikan tugas rumah yang sangat berlimpah sehingga bagi mereka sedikit waktu untuk mengerjakan tugas di rumah. Setelah belajar anak-anak biasanya akan bermain atau melakukan aktivitas lain dirumahnya.

Jangan salah dengan full day berarti tidak mempunyai kesempatan untuk bermain justru dengan bermain dirumah terus menerus akan muncul rasa kebosanan. Full day memberikan kita untuk bisa berkumpul dengan teman-teman sekaligus mendapatkan pendidikan.

Manfaat dari Belajar Full Day

Apasih manfaat yang didapat dari Jam Full day?
Banyak sekali manfaat dari belajar fullday, namun sebagian siswa lainnya tidak menyukai Belajar Fullday karena beberapa alasan tersendiri.
Full day menurut saya memberikan 3 manfaat dibawah ini:

1. Biaya Bulanan Sekolah Tetap/Tidak Naik
Mungkin banyak orang tua yang berpikiran dengan adanya fullday pada jam belajar sekolah akan mengakibatkan pada naiknya biaya bulanan pada pendidikan anaknya. Jam belajar full day akan memberikan manfaat pada anak-anak disekolah untuk belajar pada jangka waktu yang panjang tanpa harus kepikiran biaya bulanan yang harus di tambah pada sekolah.

Ini merupakan manfaat luar biasa yang diberikan oleh pemerintah ketika full day menjadikan anak-anak untuk lebih berpengalaman dan sukses pendidikan. Orang tua akan terbahagiakan oleh anaknya yang sukses.

2. Bertemu dengan teman baik kita dalam waktu lama disekolah
Bertemu dengan teman baik kita merupakan hal bahagia yang kita dapat sebagai seorang teman. Banyak canda tawa serta suka duka yang kita dapatkan di Sekolah. Full day memberikan kesempatan pada kita sebagai murid untuk bertemu lebih lama dengan teman dekat kita disekolah.

Kita bisa lebih banyak menghabiskan waktu untuk "Belajar Bersama" dari pada harus "Belajar Sendiri" dirumah. Ketahuilah, banyak orang-orang yang setelah Tamat SMA/SMK nya akan merindukan suasana disekolahnya, mereka ingin kembali ke masa sekolahnya dan bertemu dengan teman sebayanya.

Hal ini telah dirasakan oleh Murid SMK yang mengikuti PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau PSG (Pendidikan Sistem Ganda) ditempat lain. Murid SMK mulai berlatih untuk Bekerja dan harus meninggalkan teman-teman serta sekolahnya selama beberapa bulan demi PKL/PSG yang diberikan oleh Sekolahnya.

Selama beberapa bulan mereka merasakan hal yang sama dirasakan oleh orang-orang yang bekerja yaitu merindukan teman-teman dan suasana di sekolahnya. Dirasakannya oleh mereka PKL/PSG seperti kerja untuk seterusnya namun murid-murid diberi kesempatan untuk kembali ke sekolahnya.

3. Lebih Giat Belajar dan Banyak Pengetahuan dari Materi Pelajaran
Kesempatan lebih giat belajar bisa didapatkan pada murid yang ingin bersungguh-sungguh dalam sekolahnya. Awalnya mereka akan merasa kecewa saat jam belajar telah usai saat mereka telah bersungguh-sungguh dalam ilmu yang didapat dari pelajarannya.

Full day merupakan kesempatan bagi yang ingin serius dalam pendidikannya. Bagi kita yang kurang mengerti tentang pelajaran asalkan ada niat untuk belajar mungkin dengan adanya full day akan memberikan manfaat serta pengetahuan lebih dari guru tercinta, tidak hanya untuk murid berprestasi saja namun untuk semua murid yang ada niat sukses belajar pasti dengan bekal niat semua pelajaran akan dengan mudah didapatkan pengetahuannya.

Kesimpulan: Jam Pelajaran full day tidak untuk menyusahkan tetapi untuk memudahkan, bukan untuk membebani pikiran tetapi untuk lebih memantapkan pikiran serta lebih sering belajar bersama dengan teman-teman.

Belajar full day akan memberikan banyak manfaat bagi yang menyadari karena tugas Pemerintah memberikan manfaat kepada Masyarakat, seharusnya kita menyadari hal ini sebagai masyarakat.

Update: Belajar Full day kini tidak hadir karena banyak siswa yang tidak menyetujui belajar full day

Namun, bagi yang tetap semangat belajar disekolah jangan putus asa karena belajar full day tidak diadakan oleh pemerintah, kita bisa menggunakan alternatif lain selain belajar full day.

Alternatif Belajar Full Day

Mungkin bagi kita yang menginginkan belajar full day tetapi tidak terjadi maka kita bisa menggunakan alternatif lain dari belajar full day.

# Belajar kelompok bareng setelah pulang sekolah
Ya, tidak salah lagi ini adalah alternatif yang baik yaitu belajar kelompok bareng, karena ini adalah aktifitas yang baik daripada penuh bermain.

# Mengikuti Extra Tambahan
Jika diadakan maka sebaiknya mengikuti saja, hitung-hitung bertemu dengan teman disekolah daripada dirumah tidak ada aktifitas menarik.

# Belajar Dirumah
Untuk menambah wawasan maka belajar dirumah adalah alternatif yang bisa dipakai selain belajar full day, belajar dirumah tidak harus mengerjakan pekerjaan rumah saja namun belajar dirumah yaitu dengan belajar menguasai ilmu pelajaran yang belum kita kuasai.

Demikianlah semoga bisa menambah wawasan kita tentang pengetahuan pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar