Minggu, 31 Juli 2016

Tentang Daerah Sememi di Benowo Surabaya

Tentang Daerah Sememi di Benowo Surabaya - Daerah Sememi berada pada Kecamatan Benowo Kabupaten Surabaya yang merupakan daerah Pedesaan kecil sedang dalam tahap pembangunan (2016). Kebetulan daerah ini merupakan daerah tempat tinggal saya sampai sekarang walaupun daerah ini masih dalam tahap pembangunan namun daerah ini memiliki ciri khas tersendiri ketimbang daerah-daerah lainnya.

Perluasan pada Jalan Raya Sememi

Pada Jalan Raya ini Insya Allah akan diperluas daerahnya, karena Jalan Raya ini tepat bersebelahan dengan Sungai. Sungai tersebut rencananya akan dijadikan sebagai Jalan Raya diatasnya sedangkan Sungai tersebut tetap dibawah Jalan Raya Sememi sehingga Jalan Raya Sememi akan semakin luas dan bebas dari kemacetan perkiraan di tahun 2020 daerah ini akan dijadikan sebuah perkotaan besar. Sungai di Jalan Raya Sememi dalam proses pembersihan dari sampah-sampah organik maupun anorganik.

Siang hari hingga menjelang malam hari daerah Jalan Raya Sememi sangat ramai pengendara terutama pada siang hari. Tidak kalah ramai pada daerah perumahan sememi mulai Gang 1 hingga 10.



Daerah ini merupakan daerah yang berada di kota yang sangat istimewa yaitu Surabaya yang merupakan Kota Pahlawan dan setiap 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Bagi saya daerah ini banyak pendidikan yang bisa kita pelajari karena banyak guru yang siap mendidik anak dalam mengaji. 

Sekolah yang berada di Daerah Sememi antara Lain As-Sa'adah dan SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya. Sekolah ini juga sekolah saya dulunya. Masjid yang berada di Daerah sememi berada pada Gg X dengan nama Masjid Miftahul Jannah. Sekolah SMK Wachid Hasyim didaerah sememi terletak pada Jalan Raya Sememi tepatnya sebelah Sungai daerahJalan Raya Sememi.

Daerah Sememi merupakan daerah dataran Rendah yang artinya daerah ini jauh dari Pegunungan, walaupun jauh dari pegunungan namun suasana di Luar Rumah saat malam sangatlah dingin apalagi saat berada di Sebelah Rel Kereta Api di Pos.

Penjelasan lain tentang daerah ini adalah suhu dingin di malam hari. Suhu di daerah sememi di malam hari cukup dingin terutama diluar rumah suhu dingin akan semakin terasa walupun daerah sememi merupakan daerah dataran rendah. Suhu dingin paling dingin terutama berada pada Perumahan tepatnya sebelah Rel kereta api, suasana disini masih sederhana yaitu sawah-sawah yang pemandangannya bisa menenagkan hati.

Area Mencuci Motor dikampung halaman

Mencuci motor didaerah ini dirasa belum cukup puas karena di kampung halaman jalanan cukup sempit rata-rata di berbagai gang jalanan hanya seluas mobil lewat saja.
Tidak menjadi masalah bagi yang sudah terbiasa beraktifitas didaerah ini termasuk mencuci motor.
Bengkel didaerah sememi banyak dibuka pada Jalan Raya Sememi diperuntukkan bagi yang mencari Bengkel Motor dan tidak muter-muter sebab di Jalan Raya Sememi ada beberapa bengkel yang siap melayani pelanggannya, pelayanan ramah dan soal biaya pun seperti pada bengkel-bengkel pada umumnya.

Pasar Agen murah

Jalan Raya Sememi banyak sekali Agen-agen yang dibuka dipinggir Jalan raya serta pasar-pasar yang bisa dikunjungi untuk tempat berbelanja sayur-sayuran setiap harinya, pasar agen menjadi banyak pilihan untuk yang ingin berjualan di toko-toko. Pengunjung di pasar agen tidak banyak adalah pejalan kaki pada pagi harinya, pengunjung pejalan kaki memanfaatkan situasinya untuk melakukan kegiatan Aktifitas rutinnya misalnya Olahraga.

Didaerah Jalan Raya Sememi ini juga terdapat patung gajah yang merupakan patung yang kira-kira ada sejak tahun 1990.

Patung Gajah cukup terkenal untuk daerah sememi karena hampir-hampir orang yang bertanya tentang daerah sememi selalu menyebutkan patung gajah sebagai arah jalan yang jelas.

Siapa sebenarnya pemilik patung Gajah itu? Saat ini masih belum ada yang mengetahui tentang patung Gajah tersebut, Patung Gajah tersebut banyak menjadi patokan saat orang lain bertanya tentang ancher daerah sememi ini.

Daerah Sememi ini bisa disebut sebagai daerah pedesaan karena daerah sememi ini dalam masa tahap pembangunan yang akan selesai kira-kira tahun 2020, memulai dari memperluas jalan raya yang saat ini sudah sampai daerah Balongsari. Banyak yang memanfaatkan tahap pembangunan daerah ini dengan berjualan di pinggir jalan raya, penjualan itu dimaksudkan untuk memiliki keuntungan lebih dari penjualannya karena pembeli terbanyak berasal dari Jalan Raya itu sendiri. Jalan raya Sememi saat ini masih belum diperluas oleh karena itu kedepannya Insya Allah Daerah Sememi bisa menjadi daerah perkotaan yang luas seperti pada daerah-daerah lainnya.

Hal yang paling menonjol Tentang Daerah Sememi

Sama halnya tempat wisata, daerah pedesaan juga mempunyai hal yang paling menonjol seperti daerah lain.

1. Patung Gajah
Seseorang yang tinggal di Daerah Sememi mungkin banyak yang mengenal patung gajah yang letaknya dipinggir Jalan Raya. Rata-rata patung Gajah menjadi bahan bertanyanya orang yang sedang mencari arah jalan sememi.
Berikut adalah contoh bertanyanya:

Pertanyaan:
Mas, Alfamart didaerah sememi itu dimana sih?
Jawaban:
Mbak tau patung gajah yang ada di sebelah jalan raya itu? nah itu nanti lurus saja mengikuti Jalan Raya sampai menemukan Gapura Sememi Gang XI, nah sebelah Gapura itu Alfamartnya.
Patung Gajah selain patung yang cukup terkenal di daerah sememi, patung tersebut juga bisa menjadi hiburan bagi anak-anak kecil.

Patung Gajah berada pada pinggir Jalan Raya Sememi yang banyak dilihat jika kita melintasi Jalan Raya Sememi. Patung Gajah menyimpan banyak sejarah tentang daerah Sememi dan sebagian orang saja yang mengetahui hal tersebut.

2. Moroseneng
Moroseneng adalah sebuah Jalan Raya yang berada pada daerah sememi yang merupakan tempat nongkrongan orang-orang dewasa serta hiburan untuk umum. Daerah moroseneng juga menjadi bahan penunjukan arah jalan untuk orang-orang yang hendak bertanya sama seperti contoh bertanya pada patung gajah tersebut. Moroseneng cukup terkenal karena area nongkrong yang cukup luas dan bisa disebut tempat nongkrongan anak muda.

Area Moroseneng menyiapkan beberapa hiburan seperti Musik. Moroseneng sampai saat ini menjadi tempat nongkrongan orang-orang. Area Hiburan ini jarang sepi terutama pada malam hari Moroseneng selalu didatangi pengunjung dari berbagai kecamatan termasuk kecamatan tandes.

3. Kingcafe
KingCafe merupakan Cafe yang terletak di Area moroseneng, Area ini terkenal sama seperti moroseneng yang menonjol didaerah Sememi. Orang yang tinggal didaerah sememi pada umumnya akan mengenal daerah yang cukup asyik ini. Cafe ini didatangi para pengunjung karena terkenalnya Cafe oleh Area Moroseneng ini. KingCafe merupakan Cafe khusus untuk moroseneng karena Cafe ini bukan seperti Cafe biasa melainkan bangunannya seperti hotel yang mewah.

4. Warnet Rednet
Warnet ini adalah warnet yang paling banyak dikunjungi anak muda didaerah Sememi. Warnet ini menjadi sarana anak-anak untuk belajar dan bermain internet. Warnet Red terletak pada sebelah Gapura Gang III didaerah sememi, selain fasilitasnya ramah warnet ini sudah ada alat siap cetak yang membantu anak-anak mengeprint hasil kerja tugas sekolahnya, warnet ini menjadi warnet nomer 1 didaerah sememi.

5. Sekolah Wachid Hasyim
Tidak asing lagi pada orang-orang sememi, sekolah ini merupakan sekolah yang terkenal di daerah sememi, bagaimana tidak sekolah banyal dikenal orang yang terletak didaerah sememi dan jika kita melewati jalan raya sememi akan menjumpai Sekolah Wachid Hasyim.

Daerah sememi ini merupakan daerah yang ada di Benowo. Semoga daerah ini kedepanya bisa maju seperti daerah kecamatan lain. Tahap pembangunan pada daerah ini merupakan tahap yang lama karena rencananya daerah ini kedepannya akan diluaskan pembangunannya.

Sekian dari Tentang Daerah Sememi di Benowo Surabaya, semoga daerah kecil ini menjadi daerah yang sejahtera bagi penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar