Minggu, 22 Maret 2020

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi di Google PlayStore

Cara mengatasi tidak bisa update aplikasi di google playstore



Pernahkah kalian mengalami suatu masalah pada smartphone kalian? jika iya bisa sebutkan satu persatu masalah tersebut? Tentu saja itu akan memakan waktu yang cukup lama bukan. Oke baiklah, sekarang saya akan mulai mencoba menyebutkan beberapa masalah yang sering saya alami ketika menggunakan smartphone android.

Salah satu masalah yang sering saya alami adalah tidak bisa menginstal ataupun mengupdate aplikasi di google playstore. Penyebabnya cukup beragam antara lain memori ponsel penuh, ponsel error dan lain sebagainya.

Suatu ketika berbunyilah smartphone saya sebagai pertanda ada aplikasi yang harus di update agar tidak kadaluwarsa. Secara spontan saya langsung mengambil ponsel tersebut dan melihat ada pemberitahuan update aplikasi. Kemudian saya langsung melakukan proses update aplikasi di google playstore. Namun tahukah kalian apa yang terjadi selanjutnya? Ternyata aplikasi tersebut tidak bisa saya download dan perbarui. Sudah saya coba berulang kali namun usaha saya tetap saja gagal.

Setelah berputus asa, munculah pemberitahuan oleh google tentang cara  mengatasi masalah tidak bisa menginstal atau mengupdate aplikasi di google playstore tersebut. Kemudian saya coba mengikuti saran dari google tersebut. Namun tetap saja saya tidak bisa mendownload pembaruan aplikasi tersebut.

Sudah terbayang bukan, bagaimana jengkelnya ketika kita tidak bisa mendownload pembaruan aplikasi di google playstore  padahal aplikasi tersebut sedang urgent sekali. Saya yakin bagi kalian yang tidak sabaran pasti langsung membanting hp kalian. Eits... Saran saya, jangan terlalu terbawa emosi dulu karena berikut ini akan saya ulas beberapa tips tentang cara mengatasi masalah tersebut. Selamat membaca dan semoga tips ini bermanfaat untuk kalian.


1. Cara Pertama


Tips pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa mendownload pembaruan aplikasi di playstore adalah dengan me-restart smartphone kalian. caranya cukup mudah. cukup tekan tombol daya agak lama kemudian akan muncul beberapa pilihan selanjutnya silahkan pilih restart. Setelah ponsel kalian hidup kembali, silahkan kalian buka google playstore dan cari aplikasi yang ingin kalian update. Langkah terakhir silahkan kalian instal kembali aplikasi yang ingin kalian update tersebut.

Jika dengan cara ini belum juga berhasil, kalian tenang saja  karena saya masih memiliki cara yang lain. Silahkan kalian simak cara yang kedua berikut ini.


2. Cara Kedua


Tips kedua yang dapat kalian pilih adalah menghapus cache dan data PlayStore. Dengan menghapus cache dan data playstore maka secara otomatis akan merefres kembali aplikasi playstore kalian. Untuk menghapusnya silahkan kalian ikuti langkah-langkah di bawah ini.


  • Langkah pertama silahkan buka menu setelan pada perangkat android kalian.
  • Kemudian pilih aplikasi dan notifikasi .Untuk beberapa merk ponsel seperti OPPO silahkan pilih Manajemen Aplikasi
  • Setelah itu akan muncul beberapa aplikasi, silahkan pilih semua lalu scroll kebawah dan cari google playstore.
  • Setelah itu pada bagian penyimpanan silahkan pilih hapus data. Kemudian pada bagian cache silahkan pilih hapus cache.
  • Langkah terakhir silahkan kalian buka google playstore dan coba download kembali aplikasi yang tadinya tidak bisa di download.

Bagaimana sobat, mudah bukan? jika masih bingung tenang, bisa ditanyakan melalui kolom komentar. Baiklah mari kita lanjutkan ke tips yang selanjutnya. Loh masih ada lagi to kak? Masih dong.... 


3. Cara Ketiga


Tips yang selanjutnya adalah periksa koneksi internet kalian terlebih dahulu. Karena biasanya ketika koneksi internet kita sedang lambat maka secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kecepatan hp untuk mendownload aplikasi android yang kita inginkan. Sama seperti yang pernah saya alami dulu ketika mendownload sebuah game android di playstore jaringan internet saya tiba-tiba melambat hingga akhirnya game tersebut batal terdownload karena error jaringan.

Apakah tips mengatasi masalah ini sudah selesai? belum. masih ada tips yang lainnya dan bisa kalian coba satu-persatu hingga masalah kalian teratasi dengan baik. Silahkan kalian simak tips yang selanjutnya berikut ini.


4. Cara Keempat


Tips yang keempat adalah silahkan kalian cek memory smartphone kalian. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, biasanya penyebab utama aplikasi android di playstore tidak dapat di download adalah karena memori ram kita tidak cukup atau penuh. Gejala yang ditimbulkan cukup familiar yaitu ketika kita mendownload sebuah game maupun aplikasi android, ditengah atau di akhir proses download terhenti atau bisa juga ketika sudah selesai terdownload tiba-tiba aplikasi atau game tersebut tidak bisa terinstal.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah sekali yaitu silahkan kalian hapus atau uninstal aplikasi yang tidak terlalu berguna di smartphone kalian setelah itu cobalah untuk mendownload kembali aplikasi atau game yang kalian inginkan.

Sekarang mari kita simak tips yang berikutnya apabila cara ini masih belum juga bisa mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi.


5. Cara Kelima


Jika cara diatas masih belum juga bisa mengatasi masalah yang kalian hadapi, mungkin cara ini juga bisa kalian coba gunakan agar masalah kalian teratasi. Caranya cukup mudah dan simpel yaitu silahkan kalian hapus atau uninstal aplikasi google playstore kalian lalu download dan instal kembali.

Tujuan dilakukannya unisntal dan instal ini adalah untuk merefres sistem aplikasi di smartphone kalian. Jika kalian sudah menginstal kembali aplikasi google palystore di hp android kalian, silahkan kalian coba untuk mendownload kembali aplikasi atau game yang gagal di download tadi.

Sekarang kita akan mulai membahas tips yang terakhir. Semoga dengan tips yang terakhir ini bisa mengatasi masalah yang kalian hadapi. Selamat membaca.


6. Cara Keenam


Tips yang terakhir untuk mengatasi aplikasi atau game android tidak bisa di update di google playstore adalah dengan menghapus akun gmail. Loh kok harus dihapus kak? Jawabannya adalah agar sistem aplikasi pada google playstore tersebut dapat terefresh seperti sedia kala. Cara menghapus akunnya gimana kak?  Nah, untuk menghapus akun gmail pada playstore silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini.


Langkah-langkah menghapus akun google di Smartphone android


  • Langkah pertama silahkan buka Smatphone kalian
  • Langkah kedua silahkan kalian pergi ke menu setelan lalu pilih akun dan sinkronisasi (untuk hp oppo)
  • Kemudian silahkan kalian pilih Google
  • Selanjutnya klik pada bagian akun gmail yang ingin di hapus
  • Terakhir pilih hapus akun.

Setelah kalian berhasil menghapus akun google langkah selanjutnya adalah silahkan kalian tambahkan kembali akun gmail kalian. Silahkan simak tutorial berikut ini untuk lebih detail dan lengkapnya.


Langkah-langkah menambahkan akun gmail pada google plasytore

  • Pertama, silahkan kalian buka menu setelan di hp kalian
  • Kemudian silahkan kalian pilih akun dan sinkronisasi
  • Langkah selanjutnya silahkan pilih tambahkan akun lalu pilih google
  • Selanjutnya silahkan kalian ikuti saja petunjuk di layar smartphone kalian.
  • Langkah berikutnya silahkan kalian buka aplikasi google palysoter
  • Setelah terbuka silahkan kalian klik 3 garis horizontal yang berada di bagian kiri atas
  • Setelah itu Silahkan cari nama akun yang ingin kalian gunakan lalu klik panah bawah
  • Selanjutnya silahkan pilih akun yang ingin digunakan
  • Terakhir silahkan kalian coba download kembali aplikasi atau game yang kalian inginkan.

Sekarang jangan ditanyakan lagi "Kak, masih ada lagi enggak tips yang berikutnya?" Karena ini adalah tips yang terakhir dan semoga bisa membantu masalah yang sedang kalian hadapi. Bagaimana, lelah ya membacanya. Sebenarnya bukan hanya membacanya saja yang lelah tapi menulisnya juga lelah. hehehehe..

Baiklah saya rasa cukup sampai disini dulu tutorial kita pada hari ini dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel yang berikutnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar