Senin, 17 Februari 2020

7 Syarat Blog Agar Diterima Adsense

alt="google adsense"



Saya sangat yakin, kalian yang sedang membaca artikel ini pasti sangat ingin diterima oleh google adsense  sebagai salah satu publishernya, begitu juga dengan saya. Kala itu, sebelum akhirnya blog ini di setujui oleh google adsense, saya selalu bernafsu agar cepat-cepat bisa disetujui oleh adsense. 

Kalian tahu apa yang saya lakukan ketika ditolak oleh adsense? saya mendaftarkannya kembali  tanpa melakukan perubahan pada blog  begitu terus sampai beberapa kali. Ditolak, saya daftarkan lagi lalu ditolak lagi dan saya daftarkan lagi. Namun, tahukah kalian apa yang terjadi setelahnya? Blog saya selalu di tolak hingga berpuluhan kali. 

Sebenarnya alasan utama blog saya ditolak oleh google adsense adalah karena suatu hal yang sangat sederhana sekali. Namun bagi saya yang masih awam ini merupakan Suatu hal yang sangat rumit untuk memahaminya. 

Waktu itu saya mendapat email penolakan dari google adsense karena satu hal yang sama yaitu konten kurang memadai, melanggar kebijakan adsense, belum memenuhi syarat dan lain sebagainya. Apa enggak bingung kalau jawabannya seperti itu? 

Untuk menjawab semua pertanyaan mengenai kenapa blog saya belum diterima oleh google adsense? Kenapa blog saya selalu ditolak? Apa saja syarat agar blog saya bisa disetujui oleh google adsense? Kali ini saya ingin membagikan sebuah tips mengenai komponen apa saja yang harus ada pada blog kalian agar bisa di setujui oleh adsense. 

Silahkan simak ulasan berikut ini dengan seksama lalu terapkan pada blog kalian. Saya sumpahin blog kalian cepat diterima oleh google adsense ketika mendaftarkannya kembali. Selamat membaca....


1. Template

Salah satu syarat agar blog kalian bisa disetujui oleh google adsense adalah template blog yang baik dan menarik. Saran saya gunakanlah template blog yang mendukung seo friendly dan mobile friendly. Mengenai template apa yang support dengan hal tersebut sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Silahkan kalian lihat pada bagian menu daftar isi untuk melihat artikel terkait lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya kalian jangan menggunakan tema default dari blogger lebih baik di custom saja menggunakan tema yang lain. Penggunaan template blog yang kurang baik sudah pasti akan mempengaruhi kemungkinan diterimanya blog kalian oleh adsense. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam hal memilih template.


2. Widget

Salah satu syarat diterimanya blog kalian oleh adsense yang kedua adalah penggunaan widget yang tepat pada blog. Sebaiknya kalian gunakan widget pada blog dengan bijak yaitu seperlunya saja jangan terlalu berlebihan karena itu semua dapat mengganggu pengalaman pengunjung dalam hal membaca artikel. Akibatnya besar kemungkinan blog kalian akan ditolak lagi. 

Jika kalian menggunakan template viomagz, sebaiknya kalian gunakan saja beberapa widget yang penting saja yaitu artikel terbaru. Untuk tutorial membuat widget artikel terbaru silahkan buka saja websitenya mas sugeng. Selain itu, pada bagian widget iklan atas artikel dan lain lain biarkan saja jangan dirubah judulnya karena itu akan sangat berguna bagi kita ketika sudah diterima oleh adsense. Jika kalian masih bingung lihat saja pada blog ini sebagai contohnya.


3. Halaman

Syarat yang ketiga agar blog kalian bisa diterima oleh adsense adalah halaman blog. Sebaiknya kalian buat beberapa macam halaman yang penting sebagai pendukung blog kalian agar bisa disetujui oleh google adsense. Beberapa macam halaman yang penting dan harus kalian buat dalam blog antara lain halaman about, contact, privacy policy, disclaimer dan sitemap. Untuk tutorial membuatnya sudah saya bahas pada artikel sebelumnya.


4. Artikel

Syarat yang paling penting agar blog kalian bisa diterima oleh google adsense adalah artikel. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana caranya suatu blog bisa diterima oleh google adsense apabila tidak ada artikelnya.

Ada beberapa macam aturan yang harus kalian perhatikan dalam hal membuat artikel agar tidak melanggar kebijakan google adsense antara lain sebagai berikut.

  • Artikel Original, artinya semua artikel yang kalian buat harus benar-benar berasal dari hasil pemikiran kalian sendiri tidak boleh mengkopi paste dari tulisan orang  lain. Apalagi kalian mengkopi tulisan orang lain lalu mengganti kata-katanya dengan sedemikian rupa. Itu semua dilarang jadi jangan pernah melakukan itu semua.
  • Gambar bebas hak cipta, Artinya semua gambar yang kalian masukkan harus benar benar bebas hak cipta atau gmbar yang berasal dari jepretan kamera kalian sendiri. Jika kalian terpaksa harus menggunakan gambar tertentu sebaiknya download dari situs pixabay jangan download dari google. Perlu diperhatikan bahwa sebelum kalian mengupload gambar yang berasal dari hasil download pixabay ada baiknya di rename dulu nama gambarnya.


5. Jumlah artikel

Syarat yang selanjutnya adalah jumlah artikel. Sebaiknya kalian jangan terlalu bernafsu dulu untuk mendaftarkan blog ke google adsense karena itu hanya akan sia-sia saja. Perlu diperhatikan bahwa agar bisa diterima oleh google adsense minimal blog kalian harus memiliki setidaknya 10 -20 artikel. Jika blog kalian belum memiliki jumlah artikel seperti yang saya sebutkan tadi, sebaiknya urungkan saja dulu niat kalian untuk mendaftar di google adsense.


6. Trafik

Syarat yang ke 6 agar blog kalian bisa diterima oleh google adsense adalah trafik. Tentu saja trafik menjadi salah satu syarat wajib agar suatu blog bisa disetujui oleh adsense karena tanpa trafik atau pengunjung blog lalu siapa yang akan melihat iklan adsense? pasti kalian paham akan hal ini. Jika kalian belum memiliki trafik yang memadai sebaiknya jangan didaftarkan dulu blog kalian karena itu hanya buang buang waktu saja.

Perlu diperhatikan bahwa sumber trafik blog harus berasal dari pencarian organik artinya kalian tidak boleh membagikan artikel kalian sendiri ke media sosial karena itu akan melanggar kebijakan google adsense. Sebaiknya sumber trafik berasal dari mesin pencari google.


7. Usia Blog

Syarat yang terakhir agar blog kalian bisa diterima oleh google adsense adalah usia blog. Kebanyakan dari kita selalu merasa tidak sabar untuk segera mendaftarkan blog ke google adsense. Ada baiknya kalian perhatikan usia blog sebelum mendaftarkannya ke google adsense. Usia blog yang ideal untuk mendaftar adsense adalah sekitar 6 bulan. Kenapa 6 bulan? karena berdasarkan pengalaman saya pada waktu blog sudah berusia enam bulan trafik blog akan mulai terlihat sehingga sangat cocok untuk mendaftar adsense.


Jika kalian sudah merasa memenuhi 7 syarat diatas silahkan mendaftarkan blog di google adsense dan saya doakan semoga blog kalian bisa segera di setujui. Perlu diketahui juga bahwa biasanya ketika kita mendaftar di google adsense kita akan mendapat email pemberitahuan diterima adsense sekitar 3 hari. Namun untuk beberapa kasus tertentu bisa memakan waktu hingga 2 minggu. 


........Terimakasih telah berkunjung.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar