Kamis, 23 Januari 2020

Cara Mengatasi Edit Html Blogger Tidak Bisa Save


Hari ini saya ingin menulis artikel baru dengan tema yang baru juga yaitu tentang blogging. Dalam dunia blogging kita mengenal istilah edit template. Template blog merupakan salah salah satu kunci utama dalam mengelola blog agar pengunjung betah berlama-lama membaca artikel di blog kalian. 




alt="html blog"
Kode Html blog




Namun tidak selamanya ketika mengelola template blog tidak akan menemui masalah. Seperti yang pernah saya alami waktu dulu. Tiba-tiba ketika saya hendak mengedit html dari template tersebut saya tidak bisa menyimpan hasil editan tersebut. Sudah saya coba berulang kali dan saya sudah mencari banyak artikel tutorial di google namun usaha saya tidak membuahkan hasil. Ketika itu masalah tentang tidak bisa save edit html di blogger terus berlanjut hingga beberapa hari kalau saya tidak salah sudah seminggu lebih masalah tersebut belum teratasi. 


Namun pada akhirnya saya percaya bahwa setiap masalah pasti ada solusinya dan ternyata benar akhirnya saya menemukan dua cara yang bisa mengatasi masalah tersebut secara ampuh. Saya juga merasa bahwa masalah yang saya hadapi sekarang ini mungkin juga di alami oleh ssebagian sobat blogger yang lain sehingga saya ingin memberikan sedikit tips  untuk mengatasi masalah tersebut. 


Untuk mengatasi masalah tersebut ada dua opsi yang menurut saya cukup ampuh dan bisa dipraktekkan oleh sobat blogger semua. Berikut ini penjelasan mengenai pemecahan masalah tidak bisa save hasil edit html di template viomagz blogger. Selamat membaca....


1. Cara Pertama


Untuk opsi pemecahan masalah yang pertama ini saya rasa cukup mudah untuk dilakukan kalian cukup mengikuti langkah-langkah  berikut ini saja.

  • Pergi ke menu tema
  • Klik cadangkan atau pulihkan tema bagi yang menggunakan blogger lama sedangkan untuk pengguna blogger yang baru kalian klik tanda titik tiga kemudian akan muncul menu drop down lalu kalian pilih cadangkan/pulihkan.





  • Setelah selesai mengikuti langkah-langkah diatas kemudian kalian pilih cadangkan tema. setelah itu tema kalian akan secara otomatis terdownload.
  • Setelah terdownload kalian buka file tersebut menggunakan notepad. caranya klik kanan file tersebut lalu pilih open with-notepad
  • Setelah file tersebut terbuka langkah selanjutnya editlah bagian yang ingin di ubah. setelah selesai klik simpan.
  • Pergi ke menu tema di blogger kemudian lakukan hal yang sama seperti langkah diatas yaitu klik pulihkan/cadangkan tema.
  • Kemudian kalian pilih pulihkan tema lalu klik upload
  • Cari file yang sudah kalian edit menggunakan notepad tadi kemudian upload.
  • Selesai....sekarang kalian sudah bisa mengedit html tanpa harus kesulitan dalam hal menyimpannya.



Untuk cara di atas, menurut saya kurang efektif untuk dilakukan karena setiap kali ingin mengedit kode css di html harus memulihkan tema dan mengeditnya menggunakan notepad. Tetapi kalian tenang saja saya masih memiliki cara yang lain yang lebih efektif.


2. Cara Kedua


Untuk opsi kedua ini caranya cukup sederhana karena bisa di lakukan tanpa mengeditnya menggunakan notepad. Sebelum masuk ke pembahasan inti saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa sih penyebabnya kita tidak bisa save hasil edit html di blogger.


Sebenarnya masalahnya cukup simpel namun jika masalah tersebut dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan kepala kita menjadi pusing. masalah tidak bisa save edit html di blogger biasanya dialami oleh pengguna blogger baru. Apabila kalian ingin mengatasi masalah tersebut kalian cukup beralih dari blogger baru ke blogger lama caranya cukup mudah yaitu.

  • Buka dashboard blogger kalian
  • Apabila kalian pengguna blogger baru kalian akan menemukan tulisan ini di bagian bawah dashboard




  • Kalian pilih bagian kembali ke blogger klasik
  • Setelah selesai kalian coba edit kode css atau html di tema kemudian cobalah untuk menyimpannya.
  • Selesai....




Bagaimana sobat blogger, mudah bukan? tentu saja mudah karena cara tersebut sudah saya coba dan praktekkan sendiri. Semoga artikel yang saya tulis tersebut bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah yang sedang sobat hadapi saat ini. Terimakasih telah berkunjung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar