Rabu, 18 Desember 2019

Pengaturan Dasar Lembar Kerja Microsoft Word

Selamat pagi semuanya
Setelah beberapa hari saya tidak menulis artikel, akhirnya hari ini saya bisa menulis artikel lagi. Jika kemarin membahas tentang memasukkan rumus matematika dilembar kerja miscrosoft word, hari ini saya ingin membagikan artikel tentang  pengaturan dasar yang wajib dilakukan agar makalah atau tulisan kita tidak berantakan.

Sebelumnya saya ingin menceritakan terlebih dahulu masalah yang saya hadapi saat masih duduk dibangku kuliah dulu. waktu itu, saya mendapat tugas membuat makalah dari dosen untuk pertama kalinya. saat itu juga saya belum bisa menggunakan komputer sama sekali. alhasil saya membuat makalah sesuai dengan kemampuan saya dengan melihat tutorial di internet. Akan tetapi, masalah yang saya hadapi adalah tulisan saya acak-acakan dan tidak terbaca. spasinya tidak beraturan, ada lembar yang kosong, abjad tidak karuan, dan juga bahasa yang sulit dimengerti. kalo masih amatir ya gitu..

Akhirnya, pada suatu hari saya memutuskan untuk belajar microsoft word sendiri dengan cara mengotak-atiknya setiap hari. saat itu saya masih sangat polos sehingga saya tidak tau kalo nanti saya otak atik akan rusak. Berkat kegigihan serta dorongan motivasi dari orang tua,akhirnya saya bisa.

Nah, kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya tentang pengaturan awal yang wajib di microsoft office word sebelum mulai membuat makalah ataupun laporan.





Berikut beberapa pengaturan yang wajib kalian lakukan sebelum menulis makalah.

1. Spacing 


Sebaiknya silahkan atur spasi pada lembar kerja kalian terlebih dahulu sebelum akhirnya mulai menulis laporan. Untuk bagaimana cara mengatur spasi di word bisa kalian lihat pada link tersebut.

2. Kertas

a. Pergi ke bagian margin lalu klik costum margin





b. Setelah itu, kalian atur ukuran margin nya, lalu klik ok

c. Selanjutnya, atur ukuran kertas kalian pada bagian "size" biasanya untuk laporan kita menggunakan kertas A4

3. Font 




a. Tentukan jenis font yang akan kalian gunakan untuk menulis laporan biasanya menggunakan jenis font times new roman

b. Selanjutnya, tentukan ukuran font yang akan kalian gunakan dengan mengklik bagian seperti gambar dibawah ini.

4. Spasi




a. Masih dimenu home, klik bagian seperti gambar dibawah ini

b. Lalu atur spasi yang kalian inginkan

5. Rata Kanan, Kiri, dan Tengah.





a. Tetap dimenu home, kalian pilih bagian di bawah ini agar paragraf yang kalian tulis rata ke kiri.  atau untuk jalan pintasnya kalian tekan CTRL + L






b. Untuk paragraf yang rata dibagian tengah kalian pilih gambar dibawah ini  atau cara cepatnya kalian tekan CTRL+E





c. Untuk paragraf yang tulisannya rata dibagian kanan, kalian pilih bagian seperti gambar berikut,  atau cara pintasnya kalian klik CTRL+R





d. Terakhir, untuk paragraf yang tulisannya rata kanan kiri, kalian pilih bagian seperti gambar dibawah atau kalian klik CTRL+J





Nah, itu tadi pengaturan wajib yang harus kalian kalukan sebelum mulai menulis laporan agar tidak berantakan. Saya berharap tulisan ini dapat membantu semuanya agar tulisan kita menjadi rapi dan semakin rapi. Terimakasih telah berkunjung...


Salam Hangat

Penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar