Selasa, 24 Desember 2019

Jalan Pintas di Microsoft Office Word 2007

tutorial bermanfaat - Rasanya saya sangat senang sekali bisa menulis dan membagikan pengalaman saya kepada sahabat semua. Seperti biasa saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya waktu masih duduk dibangku perkuliahan. Saat itu, saya mendapat tugas dari dosen untuk membuat makalah dan harus dikumpulkan segera. akhirnya saya segera membuat tugas yang diberikan kepada saya namun, karena terkendala pengetahuan, saya terlambat menyelesaikan tugas saya itu. Hingga pada akhirnya saya mencari jalan keluar dari masalah saya tersebut. Saya pun menemukan suatu jalan pintas untuk menyelesaikan tugas saya tersebut. So, tidak adil rasanya jika pengalaman tersebut tidak saya bagikan ke sahabat baca semua. Jadi, pada kesempatan ini saya ingin membagikan tutorial tentang trik cepat atau jalan pintas di microsoft word yang wajib kalian ketahui agar tugas kalian cepat selesai. Tanpa berlama-lama lagi seperti biasanya ini dia trik nya






1. Ctrl + Shift + F
Fungsinya adalah untuk mengganti jenis karakter font yang kita gunakan misalnya (arial, times new roma dll)

2. Ctrl + Shift + P
Fungsinya adalah untuk mengganti ukuran font atau tulisan yang kalian gunakan misalnya ukuran (12, 14, 16, 18 dll)

3. Ctrl + >
Fungsinya adalah untuk merubah font kalian menjadi lebih besar

4. Ctrl + <
Fungsinya adalah untuk merubah font kalian menjadi lebih kecil

5. Ctrl + B (bold)
Fungsinya adalahuntuk mempertebal font atau tulisan kalian

6. Ctrl + I (italic)
Fungsinya adalah untuk merubah font kalian menjadi miring

7. Ctrl + U (Underline)
Fungsinya adalah untuk merubah font kalian menjadi bergaris bawah

8. Ctrl + =
Fungsinya adalah untuk membuat font berada dibawah

9. Ctrl + Shift + +
Fungsinya adalah untuk membuat Font berpangkat

10. Ctrl + L (Left)
Fungsinya adalah untuk membuat paragraf rata kekiri

11. Ctrl + E (Center)
Fungsinya adalah untuk membuat paragraf rata ketengah

12. Ctrl + R (Right)
Fungsinya adalah untuk membuat paragraf rata ke kanan

13. Ctrl + J (Justify)
Fungsinya adalah untuk membuat paragraf rata ke kanan dan ke kiri

14. Ctrl + A (All)
Fungsinya adalah untuk menyeleksi (blok) semua font atau konten yang ada di lembar kerja kalian

15. Ctrl + X (Cut)
Fungsinya adalah untuk memotong bagian yang kalian seleksi tadi

16. Ctrl + C (Copy)
Fungsinya adalah untuk mengkopy font maupun konte yang ada dilembar kerja kalian

17. Ctrl + V (Paste)
Fungsinya adalah untuk menempatkan hasil copy mauppun cut yang telah kalian lakukan tadi

18. Ctrl + D (Duplikat)
Fungsinya adalah untuk menduplikat suatu objek

19. Ctrl + P (Print)
Fungsinya adalah untuk mencetak hasil tulisan kalian dilembar kerja ms word

20. Ctrl + 1
    Fungsinya adalah untuk membuat spasi 1

21. Ctrl + 2
Fungsinya adalah untuk membuat spasi 2

22. Ctrl + 5
Fungsinya adalah untuk membuat spasi 1,5

23. Ctrl + N (New)
Fungsinya adalah untuk membuat lembar kerja baru

24. Ctrl + S (Save)
Fungsinya adalah untuk menyimpan file yang telah kalian buat pada lembar kerja ms office word

25. Ctrl + O (Open)
Fungsinya adalah untuk membuka file yang telah kalian simpan sebelumnya

26. Ctrl + Shift + C (Format Painter)
Fungsinya adalah untuk mengkopy suatu format dari satu objek dan mengaplikasikannya ke objek yang lain

27. Ctrl + H (Replace)
Fungsinya adalah untuk menggati satu objek dengan objek yang lain. misalnya dalam sebuah artikel atau tulisan terdapat kata yang sama dan anda ingin menggantinya denga kata yang berbeda maka gunakanlah cara pintas tersebut.

28. Ctrl + F (Find)
Fungsinya adalah untuk mencari suatu objek tertentu

29. Ctrl + G (go)
Fungsinya adalah untuk memudahkan ketika kita ingin pergi ke suatu halaman tertentu, line, tabel dll. misalnya saya ingin menuju ke halaman 10. jadi saya tinggal menekan jalan pintas tersebut kemudian tinggal saya masukkan angka 10 lalu enter. selesai

30. F1 (help)
Fungsinya adalah untuk memunculkan menu bantuan jika diperlukan

31. Ctrl + K (HyperLink)
Fungsinya adalah untuk membuat link atau tautan ke suatu alamat web tertentu.

32. Alt + = (Equation)
Fungsinya adalah untuk memasukkan rumus matematika

33. Alt + Ctrl + F (FootNote)
Fungsinya adalah untuk membuat catatan kaki di bagian bawah lembar kerja

34. Alt + Ctrl + D (EndNote)
Fungsinya adalah untuk menambahkan catatan akhir ke dokumen

35. Alt + Shift + X (Mark Entry)
Fungsinya adalah untuk Memasukkan teks yang dipilih kedalam index dokumen

36. Alt + Shift + I (Mark Citation)
Fungsinya adalah untuk Menambahkan teks yang dipilih sebagai entri dalam tabel Otoritas

37. F7 (Spelling & Grammar)
Fungsinya adalah untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa teks dalam dokumen

38. Alt + Click (Research)
Fungsinya adalah membuka panel tugas penelitian untuk mencari melalui bahan referensi, seperti kamus,ensiklopedia, dan layanan terjemahan.

39. Shift + F7 (Thesaurus)
Fungsinya adalah untuk menyarankan kata-kata laindengan makna yang mirip dengan kata yang anda pilih

40. Ctrl + Shift + E
Fungsinya adalah untuk melacak semua perubahan yang dilakukan pada dokumen, termasuk penyisipan, penghapusan, dan perubahan format.

41. Alt + F8
Fungsinya adalah untuk merekam makro atau untuk mengakses opsi makro lainnya.


Akhirnyaaaaa..... selesai juga pembahasan yang begitu panjang ini. saya berharap artikel ini bisa berguna untuk sahabat baca semua dan jangan lupa jika sudah bisa menguasainya untuk ditularkan kepada teman yang lain agar menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin. Semoga bermanfaat.... Saya akhiri artikel ini dengan kata ribuan terimakasih karena telah sudi berkunjung dan membaca blog ini.



Salam Hangat


Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar