Senin, 23 Desember 2019

Cara Membuat Brosur atau flyer di Microsoft Office Word 2007



Assalamualaikum. Selamat pagi sahabat semua.

        Di hari yang cerah ini alhamdulilah saya bisa menulis artikel lagi dan berbagi ilmu pengetahuan kepada sahabat semua. Semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Seperti biasa sebelum memulai tutorialnya saya ingin bercerita terlebih dahulu mengenai pengalaman pribadi saya tentang tutorial yang ingin saya bahas pada kesempatan hari ini.

       Waktu itu, saat saya masih duduk dibangku kuliah tepat pada perayaan diesnatalis atau semacam ulang tahun berdirinya suatu kampus atau universitas. Saat itu pihak kampus mengadakan beberapa lomba dan saya ditunjuk untuk membuat brosur lomba tersebut. Akhirnya saya bingung mau design brosur pake aplikasi apa karena saya tidak mempunyai keahlian untuk menggunakan software adobe photoshop maupun coreldraw. Setelah sekian purnama saya kebingungan akhirnya saya menemukan ide untuk membuat brosur menggunakan software bawaan windows yakni microsoft office word. Setelah saya coba alhamdulillah saya bisa membuat brosur tersebut ya walaupun hasilnya tidak sebagus Software khusus design.

       Nah sekarang, saya ingin membagikan pengalaman saya tersebut kepada sahabat semua karena menurut saya tidak baik jika saya mempunyai keahlian namun tidak saya bagikan kepada sahabat semua. Karena sejatinya ilmu setinggi langit tidak ada artinya apabila tidak di amalkan serta di amalkan serta diajarkan kepada yang lain.

Langsung saja simak tutorial berikut ini :

1. Buka aplikasi Microsoft Office Word Kalian

2. Pergi!!! ke menu page layout


3. Pada bagian page background kalian pilih menu page color. Selanjutnya kalian tentukan warna dasar dari background brosur kalian. Jika kalian ingin background nya putih maka tidak perlu langkah-langkah ini cukup mulai dari langkah ke 4.


4. Setting lembar kerja kalian seperti  (artikel ini) agar tidak berantakan

5. Langkah Selanjutnya pergi ke menu insert lalu pilih shape. bentuk shape bebas disini saya contohkan yang seperti ini





6. berikan warna pada shape dengan menu format lalu piilih shape style yang kalian inginkan



7. Berikan teks pada shape dengan cara klik menu text box



8. Masukkan gambar sesuai kebutuhan kalian . fungsinya adalah untuk memperindah tampilan brosur kalian

9. Lakukan design sesuka kalian, disini saya contohkan seperti dibawah ini namun kalian bebas berkreasi caranya sama seperti langkah diatas. cukup masukkan shape, teks, gambar lalu modifikasi.



10. Langkah terakhir simpan file yang telah kalian buat.

11. Selesai



Sekedar saran dari saya untuk memodifikasi brosur, kalian cukup menambahkan shape sesuka kalian atau bisa juga menambahkan teks serta foto kedalam brosur kalian. Bagaimana cukup mudah bukan?


Mungkin itu saja tutorial yang dapat saya bagikan kepada kalian semua. semoga bermanfaat dan memberikan solusi untuk masalah yang sedang kalian hadapi.


Sampai bertemu di lain artikel


Salam Hangat 


Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar