Senin, 10 Oktober 2016

Cara Sehat Berselancar di Dunia Maya

Cara Sehat Berselancar di Dunia Maya - Pengguna Internet saat ini hampir menguasai seluruh dunia, siapa yang tidak kenal dengan kata Internet di zaman modern ini, karena hampir semua orang didunia ini telah mengenal kata ini, banyak yang menggunakan Internet dan menjadikannya sebagai kebutuhan utama. Tujuan Utama semua orang dalam menggunakan internet berbeda-beda, ada yang hanya untuk komunikasi melalui akun sosmed yang dimilikinya, ada juga yang berinternet hanya untuk mencari informasi melalui internet.


Namun internet memiliki berbagai sisi positif dan sisi negatif, saat kita menggunakan internet dengan positif maka kita sudah berinternet secara sehat contohnya kita selalu membaca berita-berita dan informasi yang ada diinternet untuk pengetahuan Sedangkan saat kita menggunakan internet secara negatif maka kita berinternet dengan cara tidak sehat, tentunya cara berinternet seperti itu tidak baik termasuk saya sendiri. Membahas tentang Cara Sehat Berselancar di Dunia Maya, ada banyak cara untuk menghindari internet dengan cara tidak sehat, namun kita harus berusaha semaksimal mungkin, karena menghindari internet tidak sehat tidak mudah dikarenakan kebiasaan kita sendiri.

Dunia maya memang luas, tidak jarang kita menemukan orang yang hobbynya suka online dan sebagainya untuk mencari informasi bermanfaat, dan tidak jarang juga kita menemukan orang yang hobbynya berinterney namun bukan mencari informasi yang ia lakukan melainkan hanya untuk kesenangan belaka. Cara sehat berarti kita akan menghindari sisi negatif dari berselancar di dunia maya, banyak orang yang gagal melakukannya termasuk saya dahulunya, karena jika sudah terjangkit virus negatif akan sangat sulit lepas dari virus tersebut.

# Penyebab Kita Berinternet Secara Negatif


  1. Karena terpengaruh teman; Mencari teman yang baik memang susah, terkadang teman kita bisa mempengaruhi kita untuk mengakses internet secara negatif dan setelah kita terpengaruh kita akan mengaksesnya lalu ada kemungkinan kita ikut tergiur karena isi situs yang ada didalam internet dan akhirnya nyantol di kebiasaan kita.
  2. Terpengaruh Orang Sekitar; Ketika semua orang di sekitar kita mengakses internet secara negatif, kita mungkin akan terpengaruh secara perlahan, karena hal negatif lebih mudah nyantol ketimbang hal positif, padahal kita sudah tahu itu tidak baik.
  3. Terpengaruh Hawa Nafsu/Niat; Ini yang paling gampang berpengaruh, nafsu yang tidak baik mendorong seseorang untuk berinternet secara negatif, mengontrol nafsu memang susah karena musuh terbesar manusia adalah nafsu ini. Banyak pemerintah yang melarang berbagai operator untuk mengakses internet secara negatif dengan cara mengalihkan halaman negatif yang diakses pengguna, halaman negatif tersebut akan secara otomatis mengalihkan pengguna kepada situs internet positif, jelas sekali dengan cara seperti itu kemungkinan pengguna internet tidak sehat akan berkurang secara drastis.


Cara sehat berinternet perlu diterapkan walaupun sangat sulit namun jika berusaha dengan niat yang sungguh-sungguh insya Allah akan bisa menerapkan cara sehat berinternet. Cara ini bisa dibilang tidak mudah, apalagi jika kita sudah terbiasa maka perlu usaha yang keras untuk mewujudkan cara sehat berselacar/berinternet di dunia maya. Inti dari sebab ini hanya karena satu yaitu pengaruh yang bisa datang darimana saja.

# Cara Sehat Berselancar di Dunia Maya

Berselancar didunia maya tentunya sering kita lakukan contohnya saya ini, dikit-dikit cari informasi di internet dan membuka akun sosmed, namun berselancar dengan cara sehat tidak mudah, kita perlu mengalahkan kebiasaan agar cara sehat ini bisa tercapai.


  1. Mengakses Situs secara Positif; Kebiasaan memang menjadi salah satu penyebabnya, walaupun mengakses situs negatif hanya sebentar saja untuk menghilangkan rasa penasaran maka ketika kebetulan kita menyukainya pasti kita akan akses pada waktu mendatang, solusinya adalah tetap mengakses situs positif dan tidak sesekali mencobanya.
  2. Mencari Pengetahuan/Belajar Online; Bukan hanya pengetahuan saja yang kita dapat, namun dengan mencari pengetahuan kita telah berinternet secara positif dan pastinya akan menguntungkan kita dan akan membuat kebiasaan baik dalam berinternet.
  3. Membaca Berita dari Internet; Sama seperti poin diatas, membaca berita dari Internet merupakan pengetahuan, namun bedanya adalah pengetahuan tentang lingkungan, memperbanyak membaca berita terbaru membuat pengetahuan lingkungan kita tetap update.
  4. Tidak Curhat berlebihan di Sosmed; Tidak banyak dari kita yang sering-sering curhat lewat status di akun sosmed kita, mungkin ini adalah sisi positif internet karena akan ditanggapi dan diberikan pencerahan oleh orang lain, berbeda dengan curhat secara berlebihan, itu bisa saja orang lain menyebut curhat distatus kita sebagai keluhan, hal ini sangatlah tidak baik.
  5. Berkomentar di Sosmed dengan baik; Berkomentar sangat baik untuk menciptakan keakraban teman kita di sosmed, semisal teman kita mengupload foto lucu kita mengomentarinya, sehingga kita dengannya bisa lebih akrab.
  6. Menggunakan Internet untuk mencari Informasi; Internet mempunyai sejuta informasi yang tidak kita ketahui, ya memang itulah kelebihan internet, ratusan juta orang yang memiliki informasi pasti ada yang dishare di internet. Contohnya mbah Google, siapa yang tidak kenal dengan situs nomor satu didunia yang paling banyak dikunjungi, Google hampir menguasai dunia dengan ratusan juta informasi yang dimilikinya, informasi yang dimiliki oleh Google 70% ada di Search Enginenya.
  7. Menggunakan Internet Seperlunya; Terlalu berlebihan mengakses internet/akun sosmed/game online dan sebagainya akan membuat kita terlena dan lupa waktu terhadap segalanya, kecuali jika berinternet untuk pekerjaan atau tugas-tugas penting atau berinternet untuk berbagi hal bermanfaat, itulah internet sehat di dunia maya.
  8. Menghapus file-file negatif di Ponsel kita; Mungkin ada yang bertanya-tanya apa hubungannya file-file negatif sama cara internet sehat, menurut saya file-file negatif seperti video negatif, foto-foto negatif, atau suara negatif, jika kita menyimpannya kita akan terpengaruh oleh nafsu seperti yang saya katakan diatas nafsu mendorong kita untuk berinternet secara negatif, jika kita ingin berinternet dengan cara sehat maka kita perlu menghapus file-file negatif diponsel kita untuk menghindari keinginan nafsu untuk mengambil file-file lainnya di internet.
  9. Niat dan berdoa; Sebelum memulai berinternet kita harus mendasari dengan niat agar tidak mengakses hal-hal negatif diinternet, memang banyak yang mengakses situs internet negatif namun apalah artinya jika hanya memberikan dosa semata, dan hanya kenikmatan sementara di dunia. Semua yang didasari dengan niat akan terwujud asalkan dengan usaha walaupun sangat sulit tidak semudah kata-kata yang diucapkan.


Penutup

Berinternet secara sehat atau positif adalah keinginan banyak orang, namun keinginan tersebut hanya sebatas kata, pasalnya nafsulah yang menguasai segala pemikiran manusia untuk berbuat buruk, cara berinternet identik menunjukkan sikap seseorang yang sebenarnya. Demikianlah Cara Sehat Berselancar di Dunia Maya, cara sehat memang sangat susah dijalankan dan tidak semudah kata yang ditulis, oleh karena itu mohon maaf bila ada kesalahan kata, karena manusia pada dasarnya tidak luput dari kesalahan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar