Sabtu, 10 September 2016

Keunikan Tempat Wisata Candi Borobudur di Magelang

Keunikan Tempat Wisata Candi Borobudur di Magelang - Candi Borobudur adalah Candi Budha yang menjadi ikon tempat wisata yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia, pada tempat wisata ini, candi borobudur dikenal sebagai candi budha yang merupakan salah satu peninggalan sejarah pada masa lampau, candi borobudur kini sempat terawat bersih dan terawat, berwisata di Candi Borobudur menjadi nyaman karena candi ini telah dijadikan sebagai tempat wisata oleh pemerintah.

Candi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota, karena banyak yang takjub akan sejarahnya-sejarahnya, selain itu Candi Borobudur memiliki keunikan yang membuat para Wisatawan ingin mengunjungi Candi yang bersejarah ini.

wisata candi borobudur di magelang

Memilih Wisata sebagai tempat Refreshing tentunya banyak dilakukan oleh para pekerja yang lelah dalam pikirannya untuk bekerja, ketekanan dalam bekerja sangat tidak baik untuk dipikirkan secara terus menerus karena akan mengakibatkan stress, maka solusinya adalah berefreshing salah satunya adalah berwisata.

Informasi Mengenai Wisata Candi Borobudur

Sedikit informasi saja mengenai area wisata Candi Borobudur di Magelang, ada baiknya membaca informasi ini sebelum mengunjungi Wisata Candi Borobudur di Magelang.

Berapa Luas Candi Borobudur?
Menurut info yang saya baca dari Wikipedia, Candi borobudur mempunyai luas dasar 123x123 meter dan tingginya 35 meter, tinggi aslinya 42 meter karena termasuk chattra, bangunan seluas ini tentunya membutuhkan proses pembangunan yang sangat lama apalagi pada masa lampau sebelum teknologi berkembang seperti sekarang, segala sesuatu dimudahkan termasuk pada pembangunan.

Candi Borobudur yang bersejarah ini tentunya sangat pas dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin tahu banyak hal tentang sejarah atau pecinta sejarah, keingin tahuan tentang banyak sejarah bisa menjadi salah satu alasan untuk mengunjungi Candi Borobudur.

Wisata di Candi Borobudur, Magelang, Jawa tengah sangat ramai pengunjung, banyak yang berselfie ria menikmati momen suasananya pada saat berlibur berwisata di Candi Borobudur, Candi Borobudur dikenal sebagai tempat yang bersejarah karena bangunan ini merupakan peninggalan pada masa kerajaan dan mempunyai banyak misteri yang mungkin tidak diceritakan.

Berwisata di Candi Borobudur yang merupakan peninggalan bangunan bersejarah ini menjadi minat wisatawan untuk menjungi bangunan pada masa kerajaan.

Tidak ada yang mengetahuinya dengan pasti siapa yang membangun Candi sebesar ini, namun bagi para wisatawan yang terpenting adalah menikmati Objek Wisata Candi Terbesar didunia dengan ramah, semua para wisatawan khususnya di Indonesia tentunya tau Candi Borobudur ini, yang sangat terkenal di Magelang, Yogyakarta dan sekitarnya, daya tarik mengunjungi Candi ini sangat banyak, salah satunya karena sejarahnya yang panjang mulai dari pembangunan hingga masa terlantarnya Candi Borobudur karena musibah meletusnya Gunung merapi.

Bangunan tunggal ini menjadi Objek wisata diwilayah Indonesia, para wisatawan banyak berdatangan di Candi Borobudur dari berbagai wilayah Indonesia, sejarah penemuan Candi ini yang membuat masyarakat takjub menjadikan pemerintah untuk melindungi bangunan ini dan disahkan sebagai tempat wisata

Menggunakan apa Candi Borobudur ini dibangun?
Saat ini belum diketahui dengan jelas oleh para wisatawan, dibangub menggunakan alat seperti apakah candi borobudur didirikan sedang pada ratusan tahun yang lalu belum ada alat-alat canggih untuk mengangkat beban berat, sama halnya dengan piramida yang dibangun hanya dengan tumpukan bebatuan dengan berat dua ton namun belum diketahui dengan jelas batu seberat itu apakah diangkat secara bersama-sama atau menggunakan alat khusus.

Tentunya bangunan seperti ini sangat mustahil jika hanya dilakukan oleh tangan manusia saja tanpa bantuan alat apapun, jika hanya manusia saja tanpa bantuan alat apapun tentunya membutuhkan banyak orang yang membangun serta membutuhkan waktu lama untuk selesai, menurut Wikipedia Candi ini dibangun hingga puluhan tahun lamanya, mengingat bangunan candi ini, tentu piramida juga memiliki hal yang sama seperti Candi Borobudur yaitu lamanya pembangunan, bedanya Piramida ini dibangun hingga 20 tahun saja, sedangkan Candi Borobudur diperkirakan lebih dari 20 tahun lamanya.

Apakah Candi ini terunik di Indonesia?
Ya, Candi ini sangat unik bahkan dari keunikan ini memungkinkan Candi ini menjadi daya tarik pengunjung untuk berwisata di Candi ini, semua wisata mempunyai keunikan masing masing termasuk Candi Borobudur ini.

Candi ini menjadi ikon wisata di Magelang, Jawa tengah, disekitar Candi Borobudur ditemukan banyak peninggalan purbakala yang kini telah disimpan di Museum Karmawibhangga Borobudur, yang menunjukkan bahwa disekitar borobudur dahulunya merupakan wilayah hunian, namun dengan temuan ini masih belum jelas karena masih ada yang berpendapat lain contohnya dahulu disekitar Candi Borobudur merupakan wilayah danau atau hutan.

Setiap tahun pada memungkinkan  banyak pengunjung yang datang karena tergoda tentang keindahan Candi bersejarah ini, pada hari Liburan Berwisata merupakan momen yang bahagia apalagi jika bersama pasangan menikmati suasana yang indah serta keunikan Candi Borobudur.

Keunikan tempat Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur mempunyai keunikan yang membuat para pengunjung segan untuk mengunjungi Candi ini.

1. Monumen Budha Terbesar di Dunia
Siapa sangka Monumen budha terbesar di dunia terletak di Indonesia, tepatnya di Magelang, Jawa tengah? Salah satu penyebab terkenalnya Monumen ini adalah karena julukan terbesarnya sehingga menarik banyak minat wisatawan, sebesar apa monumen budha terbesar di dunia?

2. Menyimpan berbagai sejarah
Candi Borobudur menyimpan banyak sejarah kerajaan masa lalu, candi borobudur dipercaya dibangun oleh kerajaan Samaratungga yang merupakan keturunan Wangsa Syailendra, Raja Samaratungga merupakan kerajaan Mataram kuno, selain sejarah ini Candi borobudur masih menyimpan banyak sejarah yang tak bisa disebutkan satu persatu.

3. Terkait dengan Danau Purba
Berwisata pada Candi Borobudur mengingatkan pada masa zaman batu, pasalnya bangunan ini adalah peninggalan sejak ratusan tahun lalu yang diduga dahulu Candi Borobudur dahulunya dikelilingi oleh danau Purba yang saat ini danau purba telah mengering, berwisata pada borobudur akan menemukan banyak hal yang membuatmu takjub yaitu sejarahnya.

4. Pernah terkubur di tanah karena letusan Merapi
Bangunan Candi Borobudur pernah menjadi pusat ziarah umat budha, lalu meletusnya Gunung Merapi pada masa lampau menyebabkan para peziarah lari dan bangunan candi borobudur terkubur oleh debu vulkanik gunung merapi yang menyebabkan candi borobudur tersebut menjadi sebuah bukit yang ditumbuhi oleh pepohonan dan semak belukar.

5. Mempunyai Stupa yang memahkotai Candi Borobudur
Candi Borobudur mempunyai 72 stupa, salah satu stupa berada di tengah Candi Borobudur yang merupakan mahkota dari bangunan ini sekaligus merupakan stupa terbesar pada bangunan Candi ini.

6. Bangunan yang merupakan Warisan Dunia
Tempat Ziarah Candi Borobudur didatangi para umat budha dari seluruh wilayah Indonesia dalam rangka memperingati hari raya waisak, hari raya waisak dari seluruh Indonesia para pemeluk budha berdatangan untuk menziarahi Candi Borobudur.

Penutup

Candi Borobudur merupakan tempat ziarah yang khas oleh orang-orang budha, namun Candi ini juga bisa disebut sebagai tempat Wisata, selain tempat ziarah, berwisata di Candi Borobudur merupakan momen yang pas untuk menikmati keindahan bangunan bersejarah ini, banyak sejarah yang tersimpan di Candi ini, namun tidak semua para wisatawan mengetahuinya, melainkan hanya menikmati keindahan bangunan bersejarah ini.

Demikian Keunikan Tempat Wisata Candi Borobudur di Magelang, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar