Minggu, 04 September 2016

Keunikan Masjid Al-Akbar terbesar di Surabaya

Keunikan Masjid Al-Akbar terbesar di Surabaya - Masjid merupakan tempat ibadah yang suci disediakan bagi kita yang ingin melaksanakan rukun Islam yang kedua, yaitu sholat, dengan adanya masjid yang sudah tersebar diberbagai tempat ini akan memudahkan bagi kita untuk melaksanakan sholat memenuhi panggilan adzan, nah berbicara soal masjid, kali ini akan dibahas tentang Masjid terbesar kedua di Indonesia yaitu Masjid Al-Akbar atau Masjid Agung.

Masjid Al-Akbar di Surabaya mempunyai nama lain yaitu Masjid Agung yang merupakan masjid terbesar di Surabaya, masjid ini merupakan masjid ini didirikan 4 Agustus tahun 1995 hingga saat ini Masjid Al-Akbar mempunyai jamaah terbanyak disurabaya.

Tentang Masjid Al-Akbar atau Masjid Agung yang saya baca di Wikipedia, pembangunan Masjid Al-Akbar ditandai oleh peletakan batu pertama Wakil Presiden Indonesia Try Sutrisno, pembangunannya sempat dihentikan karena krisis moneter, pembangunan berlanjut 3 tahun yaitu tahun 1999 sampai 2001. Masjid Agung ini diresmikan oleh KH. Abdurahmad Wahid yang merupakan Presiden RI pada tahun 2000.

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

3 Tahun lamanya pembangunan pada Masjid Agung ini, mulai dari rencana sampai pada biaya, kita mungkin mengenal Masjid Agung ini pada saat Masjid Agung ini dinobatkan sebagai Masjid terbesar kedua di Indonesia.

Masjid Agung  merupakan Masjid terbesar kedua di Indonesia, masjid ini bisa menampung sampai 59.000 jamaah, bayangkan dengan jamaah sebanyak itu pastinya tidak berisi warga Surabaya saja melainkan warga dari luar Surabaya pun ikut mengunjungi Masjid ini, Masjid ini memiliki Menara dengan tinggi mencapai 99 Meter, wow betapa tingginya.

Suasana Masjid Agung bagaikan seperti di Syurga, saat mengingat pemandangannya yang luas dan indah ini pada kunjungan pertama saya, Masjid Agung ini bagi saya merupakan Masjid yang paling nyaman, tidak hanya kenyamanan tetapi juga keamanan saat sedang beribadah.

Betapa beruntungnya masyarakat yang tinggal didekat Masjid Agung ini, karena Masjid Agung mempunyai pengeras suara yang cukup keras sampai kejauhan sehingga ketika adzan tiba, masyarakat dengan mudah terdengar dan akan segera melaksanakan sholat.

Apa yang terpikirkan dari kita tentang Masjid ini?

Tiap orang-orang memikirkan hal yang berbeda-beda tentang Masjid ini, ya tentu salah satunya ada yang ingin mengunjungi, banyak orang yang berkeinginan untuk naik haji, dengan mengunjungi Masjid Agung ini akan berasa seperti di dekat Ka'bah. Masjidil Haram atau Ka'bah adalah tempat yang paling nyaman untuk beribadah, sebab kita akan mengerti arti harta dan tahta didunia, dalam berhaji kita hanya memakai pakaian ihram, nah kenyamanan beribadah di Masjidil Haram ini sama seperti Masjid Agung.

Kenapa kita mesti mengunjungi Masjid Agung?

Ya, selain untuk shalat berjamaah, kita akan mendapatkan pengetahuan luas tentang Masjid terbesar kedua di Indonesia ini ketika mengunjungi, dalam sholat berjama'ah di Masjid Agung kita akan mempelajari kekhusukan dalam sholat, tidak usah memikirkan tentang banyak hal semua nya aman termasuk parkiran motor kita, masjid ini dalam sholat berjama'ah berdurasi sangat lama tiap rokaatnya, dengan durasi yang lama ini akan menciptakan arti kekhusukan dalam sholat.

Khusu' dalam sholat sangat sulit didapatkan seseorang bila seseorang itu memikirkan banyak hal didalam pikirannya, seolah-olah tidak mempunyai kesempatan untuk memikirkan akhiratnya, maka kita harus belajar khusu' dalam sholat, agar sholat menjadi tenang (hehe nasehat ustad nih).

Bagi yang tinggal di Surabaya tentunya banyak yang mengenal Masjid Agung terbesar di Surabaya ini, walaupun belum mengunjungi, setidaknya mengenal nama masjid agung, nama Masjid Agung terkenal dari banyak pembicaraan orang-orang.

Lingkungan Masjid Agung ini bisa dibilang sangat luas dan ramah, pada lingkungan ini banyak orang yang bisa memanfaatkan hal ini untuk berselfie pada pemandangan indah masjid sambil menunggu saudara atau keluarganya beribadah didalam masjid.

Pengalaman tentang Masjid Agung

Menurut Pengalaman, Masjid Agung pernah saya kunjungi bersama teman saya, ternyata ada banyak orang di berbagai kota yang mampir di Masjid Agung ini, Masjid Agung bisa dibilang Masjid yang Megah, karena banyak yang takjub termasuk  para remaja oleh kemegahannya dengan mengunjunginya, ini banyak dimanfaat oleh para guru ngaji untuk  mengajar ngaji di Masjid Agung karena banyak remaja yang ingin belajar dan mengaji di Masjid Agung yang megah ini, guru dengan mudah menyampaikan sesuatu pengajarannya kepada muridnya.

Pengalaman mengunjungi Masjid Agung ini membuat hati menjadi tenang, bagaimana tidak sambil menunggu waktu adzan tiba, dibacakan alunan merdu ayat-ayat suci Al-Qur'an yang membuat hati ini nyaman.

Setiap bulan Ramadhan, Masjid Agung membagikan banyak ta'jil untuk jamaah yang sedang berpuasa, walau jama'ah mencapai ribuan, semua akan kebagian ta'jil dari Masjid Agung.

Keunikan Masjid Agung di Surabaya

Masjid ini mempunyai keunikan yang mungkin keunikan ini ada pada masjid-masjid terbesar lainnya, dari keunikan inilah yang membuat masyarakat selalu setia mengunjungi masjid ini.

1. Masjid Terbesar kedua di Indonesia
Masjid Agung yang merupakan masjid terbesar kedua, bayangkan masjid terbesar kedua sudah luas seperti ini, namun seluas apakah masjid terbesar pertama di Indonesia bahkan masjid terbesar pertama didunia, Mendengar nama Masjid terbesar membuat sebagian orang berpikiran seperti apakah masjid terbesar di Surabaya itu? maka semakin terkenalnya masjid akan semakin banyak yang mengunjunginya.

2. Bisa Menampung sampai 59.000 jamaah
Kapasitas yang bisa menampung sampai 59.000 jamaah ini sempat saya baca dari Wikipedia, wauw gimana dengan masjid terbesar pertama dunia apakah bisa mencapai ratusan ribu jamaah? tentunya Masjid Agung ini merupakan masjid yang nyaman untuk sholat berjamaah, dengan kenyamanan yang didapat maka akan tercipta rasa syukur kepada Allah SWT.

3. Mempunyai 4 Kubah yang unik
Masjid Agung memiliki kubah dengan berat mencapai 200 ton, kubah tersebut menyerupai setengah telur, kubah ini sangat unik berbeda dengan kubah-kubah pada masjid lainnya.

4. Memiliki 45 pintu yang merupakan daun pintu ganda (bukaan)
Pintu bukaan ini mempunyai keunikan dengan beratnya mencapai 250 kg, engsel pada daun pintu masjid ini dibuat secara khusus, dengan daun pintu seberat ini tentunya selama 3 tahun pembangunan masjid ini dibutuhkan banyak tenaga kerja.

Penutupan

Masjid ini kedepannya Insya Allah akan menjadi berkah bagi penduduk sekitar, ketika dekat dengan masjid ini ibadah akan jadi semangat karena bangga dekat dengan masjid terbesar kedua di Indonesia, namun sebenarnya ibadah ditentukan dari niat masing-masing, walaupun kita tidak dekat dengan masjid ini setidaknya mengunjungi sekali saja sudah membahagikan seperti rasa mengunjungi Rumah Allah (Ka'bah).

Megunjungi Masjid Agung ini memang bisa dibilang seperti mengunjungi Syurga Allah karena keindahan yang tercipta yang bisa membuat kita senantiasa bersyukur kepadaNya, keindahan didunia ini memang tidak sebanding dengan keindahan di Syurga yang nyata, karena satu tetes dari Lautan itulah perbandingan antara dunia dan lautan itu adalah akhiratnya.

Demikian dari Artikel Keunikan Masjid Agung Al-Akbar terbesar di Surabaya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar